Pemda Aceh Berharap POD Blok Lhokseumawe Segera Disetujui Menteri ESDM

Image title
9 Juli 2019, 18:54
bpma, blok lhokseumawe aceh
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi, blok migas lepas pantai. Rencana pengembangan pertama (POD I) Lapangan Peusangan B merupakan POD pertama yang dilaksanakan setelah terbentuk

Pemerintah Daerah Aceh mendukung rencana pengembangan pertama (POD I) Lapangan Peusangan B Blok Lhokseumawe yang dioperasikan oleh Zaratex NV.  Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah berharap Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) bisa membantu Zaratex segera mendapatkan persetujuan POD I dari Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). 

Dengan begitu, Zaratex bisa masuk proses Analisis dampak lingkungan (AMDAL) untuk pengembangan Lapangan Peusangan B. Sehingga produksi gas Blok Lhokseumawe bisa mengalir sebelum tahun 2023. 

“Pemerintah Aceh memberikan apresiasi untuk BPMA yang telah mengawal POD Peusangan B. Ini adalah salah satu bentuk dukungan pemerintah terkait investasi di Aceh,” ujar Nova dalam keterangan resmi, Selasa (9/7).

Ke depannya, pengembangan lapangan Peusangan B diharapkan bisa bersinergi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lhokseumawe sehingga ada efek berganda (multiplier effect) bagi masyarakat. Mulai dari penyerapan tenaga kerja hingga kesempatan bagi kontraktor swasta untuk berinvestasi di Aceh. 

“Lebih cepat lebih baik karena bukan hanya menimbulkan multiplier effect, tetapi psychological effect dan sociopolitical effect. Bahwa Aceh sudah moving forward ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

(Baca: Kementerian ESDM Masih Kaji Proposal Pengembangan Blok Lhokseumawe)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...