Jokowi Keluhkan Enam Masalah Kawasan Pariwisata 10 Bali Baru

Michael Reily
15 Juli 2019, 18:50
jokowi, pariwisata
Humas Setkab/Rahmat
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi berjalan menyisir pantai di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo (NTT), Kamis (11/7).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyelenggarakan Rapat Terbatas (Ratas) membahas mengenai pengembangan destinasi pariwisata 10 Bali Baru. Dia pun mengeluhkan enam permasalahan yang kerap muncul sebagai penghambat kedatangan wisatawan.

Pemasalahan tersebut berdasarkan hasil pengamatan langsung Jokowi di lima lokasi wisata prioritas, yaitu Mandalika, Danau Toba, Manado, Labuan Bajo, dan Borobudur. "Saya sudah kunjungi beberapa daerah dan lihat langsung kemajuan dan pengembangan destinasi wisata," katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (15/7).

Pertama, masalah teknis tentang pengaturan dan pengendalian tata ruang pariwisata. Contohnya, Manado, Labuan Bajo, dan Danau Toba yang menjadi permasalahan karena wilayah perairan yang luas. Jokowi menyatakan permasalahan tersebut harus dapat dibenahi. 

Kedua, akses menuju destinasi wisata. Jokowi mengungkapkan, pembenahan bandara harus dilakukan, terutama dalam peningkatan kapasitas terminal serta perpanjangan runway

Selain itu, akses melalui dermaga juga perlu perbaikan, terutama pelabuhan untuk daerah wisata laut seperti Labuan Bajo dan Manado. Dia mencontohkan, pelabuhan penumpang di Labuan Bajo dan Danau Toba masih digabung dengan kargo barang. 

Dia pun meminta para menteri bertanggungjawab untuk segera menyelesaikan masalah tersebut. Sebab, kedatangan wisatawan mancanegara punya peluang mendatangkan devisa yang cukup besar bagi negara.

"Kalau penataan baik, dan saya sampaikan jangan tanggung penanganannya, sekaligus integrasi pembangunan yang sudah kita kerjakan, Insya Allah tahun depan bisa kita selesaikan semua," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...