Genjot Produksi Blok Mahakam, Pertamina Bor 52 Sumur di Semester I

Image title
16 Juli 2019, 14:14
Pertamina genjot produksi Blok Mahakam
Arief Kamaludin|KATADATA
Pekerja beraktifitas di Lapangan Senipah, Peciko dan South Mahakam (SPS) yang merupakan tempat pengolahan minyak dan gas bumi dari Blok Mahakam, Kutai Kartanegara.

Pertamina Hulu Mahakam (PHM) mengebor 52 sumur di Blok Mahakam sepanjang semester I 2019. Anak usaha Pertamina tersebut menargetkan pengeboran 118 sumur tahun ini untuk menahan laju penurunan alamiah produksi (decline rate) di blok tersebut.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H. Samsu mengatakan, pengeboran terus dilakukan sesuai rencana. Saat ini, decline rate telah turun menjadi 25%, dari posisi 57% pada 2017. Selain itu, perusahaan mempersiapkan pengeboran eksplorasi dalam di 2020.

"Diharapkan in-year decline rate bisa ditahan flat,” kata dia berdasarkan keterangan tertulis, Selasa (16/7).

(Baca: SKK Migas Bentuk Tim Alih Transisi Blok Rokan untuk Jaga Produksi)

Tahun lalu, Pertamina berhasil memproduksi gas sekitar 5% di atas prediksi operator sebelumnya, Total E&P Indonesie. Tahun ini, perusahaan menargetkan prediksi kembali bisa terlampaui. Meskipun, kondisinya cukup menantang.

Ia menjelaskan, tingkat maturasi cukup tinggi dari zona produksi eksisting Blok Mahakam. Alhasil, saat ini, kontribusi produksi datang dari kantung-kantung reservoir yang lebih kecil dengan jarak antarsumur yang lebih dekat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...