Proyek Onstream Semester II Diharapkan Dongkrak Lifting Migas

Image title
10 Juli 2019, 10:29
Lifting migas diharapkan terdongrak proyek migas onstream semester II
Katadata
Ilustrasi lapangan migas

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengharapkan peningkatan produksi siap jual (lifting) migas pada semester II 2019. Pasalnya, akan ada beberapa proyek migas onstream dalam periode tersebut.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi (SKK Migas) Wisnu Prabawa Taher menyebutkan, proyek lapangan YY-ONWJ, Panen-Jabung, dan Kedung Keris-Cepu akan memberikan tambahan produksi minyak secara total sekitar 10 ribu barel per hari (BOPD), mulai kuartal IV 2019.

Tambahan produksi minyak lainnya diharapkan berasal dari Blok Merangin II. "Dengan tambahan produksi sekitar 1.500 BOPD dari produksi eksisting di awal tahun 2019," ujar Wisnu kepada Katadata.co.id, Selasa (9/7) malam.

(Baca: Pertamina Was-was Produksi Blok Rokan Terus Turun Seperti Blok Mahakam)

Sedangkan untuk produksi gas, Wisnu menjelaskan sudah ada tambahan di antaranya dari proyek Gas di TSB Phase 2 dan Seng Segat. Total tambahan produksi saat ini sekitar 220 MMscfd dan diserap oleh pembeli dalam negeri.

"Masih terdapat enam proyek gas hingga akhir tahun 2019, dengan estimasi tambahan total produksi gas sebesar 280 MMscfd untuk Semester II 2019," kata dia.

Ia pun memperkirakan penyerapan gas (termasuk LNG) akan lebih maksimal di Semester II. Hal ini dengan melihat estimasi kebutuhan energi.

(Baca: Pertamina Tak Serap LNG Bontang, Lifting Gas Hanya 86% dari Target)

Sepanjang semester I, SKK Migas mencatat sudah ada beberapa proyek migas yang onstream. Namun, realisasi lifting migas hingga Juni baru mencapai 1,808 juta BOEPD, atau 90% dari target yang sebesar 2 juta BOEPD.

Rinciannya, lifting minyak 752 ribu BOPD atau 97% dari target 775 ribu BOPD. Sedangkan lifting gas hanya 5.913 MMscfd atau 85% dari target 7.000 MMscfd.

Daftar proyek migas yang direncanakan onstream pada 2019, yakni:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...