Dorong Pertumbuhan Ekonomi, BI Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 5,75%

Agatha Olivia Victoria
18 Juli 2019, 14:43
bi turunkan suku bunga acuan jadi 5,75%.
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Bank Indonesia (BI) memutuskan menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,75%. Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, keputusan ini ditempuh sejalan dengan tetap rendahnya nilai inflasi.

Bank Indonesia (BI) memutuskan menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,75%. Penurunan ini merupakan yang pertama sejak delapan bulan lalu. Bank sentral sejak November lalu mempertahankan suku bunga acuan di 6%.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, keputusan ini ditempuh sejalan dengan tetap rendahnya nilai inflasi. "Selain itu, penurunan ini juga untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi," katanya dalam Konferensi Pers Rapat Dewan Gubenur di kantornya, Jakarta, Kamis (18/7).

Advertisement

BI juga menurunkan suku bunga deposito sebesar 25 basis poin menjadi 5% dan suku bunga lending turun 25 basis poin menjadi 6,5%.

Dari grafik Databoks berikut ini terlihat suku bunga acuan Bank Indonesia tak berubah sejak delapan bulan terakhir.

Keputusan bank sentral sejalan dengan prediksi analis sebelumnya. Tim riset DBS memprediksi Bank Indonesia (BI) akan memangkas bunga acuan total 75 basis poin hingga 2020, dimulai dengan pemangkasan 25 basis poin pada Kamis (18/7) ini.

(Baca: Kurs Rupiah Cenderung Kuat Jelang Pengumuman Bunga Acuan BI)

Ekonom DBS Masyita Crystallin mengatakan, penurunan ini didorong oleh beberapa faktor. Salah satunya, kinerja rupiah yang sangat baik di tengah arah kebijakan bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) yang dovish dan membaiknya neraca perdagangan Indonesia.

"Kondisi ini sesuai untuk BI agar memulai siklus pelonggaran dengan kemungkinan pemotongan suku bunga acuan (Kamis ini) sebesar 0,25% dan secara kumulatif 0,75% hingga 2020," tulisnya dalam keterangan resminya kemarin.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement