Viral Berkat #AgeChallenge, FaceApp Tanggapi Isu Privasi

Desy Setyowati
18 Juli 2019, 16:51
Ilustrasi, aplikasi FaceApp
Google Play Store
Ilustrasi, aplikasi FaceApp

Aplikasi FaceApp kembali viral setelah warganet banyak mengunggah foto dalam rangka #AgeChallenge. Dengan begitu banyak foto dan identitas yang diunggah pengguna, kebijakan privasi FaceApp menjadi perhatian.

FaceApp merupakan aplikasi yang dapat mengubah foto wajah menggunakan beberapa fitur. “Saya tidak dapat menggambarkan situasi di mana aplikasi tidak menjabarkan secara jelas mengenai penggelolaan foto yang diunggah ke server-nya,” kata Peneliti Keamanan dan Pengembangan Guardian Will Strafach dikutip dari Wired, kemarin (17/7).

Padahal, menurutnya pengguna berhak memahami penggunaan data mereka oleh perusahaan. Apalagi, kantor FaceApp berbasis di Rusia. Meskipun, Wired mencatat  FaceApp memanfaatkan layanan komputasi awan (cloud) milik Amazon, sehingga server-nya berada di Amerika Serikat (AS).

(Baca: Banyak Aturan, Kominfo Ragu RUU Perlindungan Data Dibahas Bulan Ini)

Karena itu, Penasihat Perlindungan Konsumen di Electronic Privacy Information Center, Christine Bannan menilai, kebijakan privasi FaceApp perlu menjadi sorotan. “Ini perlu mendapat perhatian, karena aplikasi ini dimiliki pengembang Rusia. FaceApp adalah bagian dari masalah privasi,” katanya.

Pendiri FaceApp Yaroslav Goncharov mengatakan, perusahaannya hanya mengambil foto yang dimanipulasi pengguna di aplikasinya. Ia mengaku, FaceApp menghapus sebagian besar foto yang diunggah dan dikirim ke server mereka dalam 48 jam.

Perusahaannya juga sudah menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna meminta fotonya dihapus. Walaupun, ia mengakui, perusahaannya belum menyediakan metode yang memudahkan pengguna mengetahui fotonya sudah dihapus atau belum.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...