Line dan Instagram Hadirkan Konten Khusus Selama Ramadan
Layanan media sosial Line dan Instagram menghadirkan beragam konten dan fitur khusus selama Ramadan 2019. Kedua platform tersebut menyuguhkan konten ibadah, kuis, filter gambar, hingga stiker GIF khusus selama puasa hingga Lebaran nanti.
Managing Director Line Indonesia Dale Kim mengatakan, kebutuhan para pengguna aplikasinya untuk konten informatif dan edukatif seputar puasa sangat tinggi. Perusahaan sempat meluncurkan chatbot Ramadan pertama di Indonesia pada 2018. “Tahun ini kami fokus memperkaya konten lewat fitur Line Ramadan,” ujar Dale melalui siaran pers, Selasa (7/5).
Line Ramadan berisi beragam hiburan dan edukasi untuk pengguna. Tema besar yang diangkat Line adalah Julit atau Jurus Lebih Teladan. Tiga konten utamanya meliput Julit Ramadan, Rejeki Anak Soleh, dan Baper (Baca Petunjuk Ramadan).
(Baca: Facebook Rilis Beragam Fitur Baru dan Fokus pada Privasi Tahun ini)
Julit Ramadan merupakan konten edukasi. Pengguna yang berhasil menyelesaikan misi berkesempatan mendapatkan hadiah. Pada akhir Ramadan, akan ada rapor yang memperlihatkan berapa banyak misi yang berhasil diselesaikan pengguna.
Lalu, Rejeki Anak Soleh, yaitu gim kuis pilihan ganda. Pengguna bisa mendapatkan poin untuk ditukar hadiah kalau berhasil menjawab pertanyaan. Terakhir, Baper, yang berisi tujuh pesan seputar Ramadan yang disampaikan selebriti, seperti Cinta Laura Keihl, Amanda Rawles, Sivia Azizah dan Ari Irham.
Line juga melengkapi fiturnya dengan Jadwal Salat, Alarm Salat, dan Promo Ramadan. “Kami harap fitur-fitur ini dapat melengkapi pengalaman berpuasa para pengguna,” kata Dale.
Instagram meluncurkan dua fitur terbaru khusus Ramadan di Instagram Stories. Di Indonesia, aplikasi ini berkolaborasi dengan lima kreator lokal dalam pembuatan stiker GIF yang berisi pesan-pesan singkat seputar Ramadan.
Lima kreator yang terlibat, yaitu thepopo, byputy, Dinda Puspitasari, Irfan Nugroho alias bulletos, dan Haikal. Untuk menemukan stiker-stiker GIF ini, pengguna dapat mengetik ‘Ramadhan Instagram’ pada kolom pencarian GIF di Instagram Stories.
Communications Manager Instagram Asia-Pacific Putri Silalahi mengatakan, bulan puasa menjadi momen spesial yang mendorong interaksi tinggi di antara para pengguna Instagram di Indonesia. “Kami ingin membuat interaksi tersebut menjadi lebih mudah dan menyenangkan lagi di tahun ini,” ujar Putri dalam keterangan resminya.
(Baca: Penggunaan Data untuk Streaming dan Gim Diprediksi Naik Saat Ramadan)
Pada 2018, terdapat 28% peningkatan volume penggunaan Instagram Stories di Indonesia selama Ramadan. Lima tanda pagar atau tagar yang paling dicari pengguna Indonesia, yaitu #bukber, #bajukoko, #gamissyari, #bajulebaran, dan #ramadhan.
Instagram juga menghadirkan filter bertema Ramadhan yang diberi nama Lantern. Fitur ini dapat ditemukan di pilihan filter Instagram Stories mulai tanggal 5 Mei hingga 5 Juni 2019.