Google Hapus 7 Aplikasi Berbahaya dari Play Store

Cindy Mutia Annur
19 Juli 2019, 09:37
Google digital
Arief Kamaludin (Katadata)

Google telah menghapus tujuh aplikasi yang dianggap berbahaya dari Play Store. Perusahaan anti-virus Avast mengatakan bahwa ketujuh aplikasi tersebut telah diinstal lebih dari 130 ribu kali tersebut berpotensi melacak dan membuntuti pengguna.

Dalam unggahan di blognya, Avast mengatakan bahwa aplikasi yang disebut Stalkerware ini dapat melacak dan mengirim data lokasi, serta menyediakan kontak, laporan panggilan (call log), dan pesan singkat (SMS). Perusahaan ini mengatakan, aplikasi ini kemungkinan besar dirancang oleh pengembang dari Rusia.

Advertisement

Avast melanjutkan, aplikasi tersebut memerlukan pengintai (snoop) untuk memiliki akses ke ponsel yang ingin mereka mata-matai. “Snoop dapat mengunduh aplikasi dari Google Play Store dan menunggu pengguna memasukkan alamat email dan kata sandi mereka. Sehingga, aplikasi mata-mata tersebut dapat dikirim ke sana,” ujar Avast seperti dikutip dari GadgetNow, Kamis (18/7).

Perusahaan itu menjelaskan, hal yang lebih menakutkan adalah bahwa tidak ada ikon pada aplikasi tersebut. Artinya, orang yang ditargetkan tidak dapat melihat tanda-tanda dari aplikasi Stalkerware yang terinstal di ponsel mereka.

(Baca: Google Selidiki Kasus Kebocoran Data Suara di Layanannya)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement