Google Selidiki Kasus Kebocoran Data Suara di Layanannya

Cindy Mutia Annur
12 Juli 2019, 13:04
Google bakal menyelidiki kasus kebocoran data suara di Google Assistant.
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Ilustrasi, seorang pria membuka laman Google dari gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019). Google bakal menyelidiki kasus kebocoran data suara di Google Assistant.

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Google bakal menyelidiki kasus kebocoran data suara di Google Assistant. Hal ini menindaklanjuti laporan penyiar publik Belgia, VRT NWS yang menyebutkan bahwa Google memberi akses rekaman suara pengguna kepada kontraktor.

Product Manager for Search Google David Monsees menjelaskan, perusahaannya memang memberikan akses rekaman suara kepada kontraktor, dalam hal ini pakar bahasa. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas layanan Google Assistant.

Advertisement

Itu pun hanya 0,2% dari semua rekaman suara di Google Assistant yang ditinjau oleh ahli bahasa. Namun, Monsees menyayangkan kontraktor membocorkan data ini ke VRT NWS. Hal ini termasuk tindakan yang melanggar kebijakan keamanan data di Google.

"Tim Respons Keamanan dan Privasi kami telah ditugaskan untuk menyelesaikan masalah ini, sedang menyelidiki, dan kami akan mengambil tindakan. Kami sedang melakukan tinjauan lengkap tentang perlindungan data kami untuk mencegah kesalahan seperti ini terjadi lagi, ” katanya dikutip dari TechCrunch, Jumat (12/7).

(Baca: Google Kembangkan 5 Fitur untuk Keamanan Data Pengguna)

Google mencatat, leaker atau ahli bahasa yang membocorkan data tersebut telah mendengarkan lebih dari 1.000 rekaman. Sebanyak 153 di antaranya bersifat tidak disengaja atau pengguna tidak bermaksud untuk meminta bantuan Google.

Perusahaan teknologi tersebut mengakui, ada rekaman suara di Google Assistant yang mengungkap identitas pengguna. Sebab, beberapa rekaman berisi informasi yang sangat sensitif, seperti percakapan di kamar tidur, pertanyaan medis, atau bahkan pengguna yang berada dalam situasi kekerasan rumah tangga.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement