Instagram Bakal Hapus Akun yang Berulangkali Melanggar Kebijakan

Desy Setyowati
19 Juli 2019, 17:55
Ilustrasi, Instagram mengirimkan notifikasi kepada pengguna bahwa akunnya berpotensi dihapus.
Instagram
Ilustrasi, Instagram mengirimkan notifikasi kepada pengguna bahwa akunnya berpotensi dihapus.

Pengembang platform media sosial, Instagram mengumumkan pembaruan kebijakan terkait akun pemakai. Dalam pengumumannya itu,  perusahaan bisa memblokir atau non-aktif hingga menghapus akun pengguna yang melanggar aturan.

Pembaruan kebijakan tersebut bertujuan untuk membantu Instagram mendeteksi akun yang berulang kali melanggar ketentuan. “Instagram bekerja sama dengan Facebook dalam menciptakan kebijakan untuk memastikan agar platform bisa menjadi medium yang suportif bagi semua orang,” demikian dikutip dari pernyataan resmi Instagram, Jumat (19/7).

Sebelumnya, Instagram hanya akan memblokir akun pengguna yang melanggar kebijakan. Contohnya, pemilik akun yang mengunggah konten negatif atau mengandung suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) hingga batasan tertentu.

(Baca: Instagram Gunakan Kecerdasan Buatan untuk Cegah Perundungan)

Setelah diperbarui, pengembang bisa menghapus akun pemakai yang menyalahi aturan hingga batas ketentuan. Selain itu, Instagram juga dapat menghilangkan akun pengguna yang melanggar kebijakan berkali-kali.

Peraturan tersebut diterapkan juga oleh Facebook. Instagram berharap, pembaruan kebijakan ini akan mendorong setiap pengguna untuk bertanggung jawab atas konten yang diunggah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...