BI Beri Sinyal Akan Lanjutkan Penurunan Suku Bunga Acuan

Agatha Olivia Victoria
23 Juli 2019, 21:10
penurunan suku bunga BI, The Fed
Arief Kamaludin|KATADATA
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara menegaskan, bank sentral akan kembali melonggarkan kebijakan moneter.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara menegaskan, bank sentral akan kembali melonggarkan kebijakan moneter. "BI sudah berikan guidance dan cukup jelas, pelonggaran kebijakan moneter masih akan berlanjut. Bisa ditangkap nuansa kalimatnya," kata Mirza di kantornya, Jakarta, Selasa (23/7).

BI pekan lalu telah menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 5,75%. Keputusan ini akhirnya diambil setelah melihat tanda-tanda pelonggaran kebijakan moneter dari Bank Sentral AS, The Federal Reserve atau The Fed, yang semakin menguat. Sinyal The Fed yang menurunkan bunga acuan tahun ini membuat BI mengambil langkah pre-emptives (antisipasi).

Meski The Fed belum menurunkan bunga acuannya, BI yakin pelonggaran kebijakan moneter akan diambil AS. "Kalau AS statement-nya hawkish, kita sulit melakukan pelonggaran. Tapi ini kan sudah dovish," katanya.

(Baca: Pangkas Suku Bunga Acuan 0,25%, BI Beri Sinyal Lanjutkan Penurunan)

Kondisi dovish tersebut ditambahkan Mirza terlihat dari Australia yang sudah menurunkan bunga acuan dua kali tahun ini. Begitu pula dengan India, Malaysia, dan Filipina. Indonesia pun kemudian merespon supaya tidak semakin berdampak ke pertumbuhan ekonomi dan memanfaatkan pelonggaran suku bunga global.

Mirza turut meyakini bahwa optimisme terhadap ekonomi sudah lebih baik di semester II nantinya. "Kita sudah selesai pemilu, suku bunga sudah turun, biasanya itu akan bangkitkan optimisme untuk meningkatkan aktivitas ekonomi," ucap dia.

Selain itu, ia mengatakan bahwa pelonggaran kebijakan moneter yang bisa dilakukan BI nantinya tak hanya dari suku bunga acuan. Namun dapat pula dari sisi Giro Wajib Minimum (GWM) atau kebijakan makroprudensial yang akomodatif.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...