Rupiah Melemah Tipis, Bergerak di Level Rp 13.970 per Dolar AS

Agatha Olivia Victoria
23 Juli 2019, 11:52
rupia hari ini
Nilai tukar rupiah pada pagi hari ini, Selasa (23/7), dibuka melemah tipis ke level Rp 13.956 per dolar AS atau turun 0,21% dibandingkan penutupan pasar spot sehari sebelumnya.

Nilai tukar rupiah pada pagi hari ini, Selasa (23/7), dibuka melemah tipis ke level Rp 13.956 per dolar AS atau turun 0,21% dibandingkan penutupan pasar spot sehari sebelumnya. Saat berita ini ditulis, rupiah menyentuh level Rp 13.970 per dolar AS.

Mata uang dolar AS alias Greenback saat ini mengalami penguatan cukup signifikan. Pada indeksnya tercatat kenaikan 0,15% ke 97,38. Pasar saat ini menanti keputusan bank sentral Uni Eropa dan Amerika Serikat (The Fed) untuk memotong suku bunga acuannya. Pemotongan ini diprediksi dapat menaikkan nilai pasar saham global.

Selain itu, investor juga menunggu keputusan pengganti Perdana Menteri Inggris Theresa May. Kemungkinan penggantinya adalah Boris Johnson, yang diprediksi akan membuat negaranya keluar dari Uni Eropa tapa kesepakatan apapun atau no-deal exit.

Menurut Carl Weinberg, kepala ekonom dari High Frequency Economics, butuh keputusan berani dari bank sentral Uni Eropa (ECB) untuk memuaskan pasar yang menuntut pelonggaran bertahap. “Namun, (keputusan bank sentral) tidak boleh mengganggu stabilitas sistem keuangan,” kata Weinberg, seperti dikutip dari Reuters.

(Baca: Ketegangan Timur Tengah Kerek Naik Harga Minyak Dunia)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...