Peneliti: Tim Jokowi-Maruf dapat Tawarkan Tiga Opsi untuk Gerindra

Image title
26 Juli 2019, 04:00
Gerindra Koalisi
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Ilustrasi, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) berpamitan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) usai menggelar pertemuan tertutup di Jakarta, Rabu (24/7/2019). Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyebutkan, ada tiga hal yang perlu diperhatikan koalisi pendukung pemerintahan saat ini terkait Gerindra.

Pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri, semakin memperkuat asumsi merapatnya Gerindra ke pemerintahan  Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. 

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai pertemuan Prabowo-Megawati bisa mengisyaratkan semakin dekatnya  koalisi.  Di luar berkoalisi di kabinet, kata Adi, tim Jokowi-Ma'ruf masih punya tiga pilihan lain, yakni:

Pertama, secara tegas memutuskan Gerindra tetap berada di luar pemerintah. Dalam artian, partai tersebut tidak akan mendapat kursi menteri atau jabatan lainnya di pemerintahan.

Kedua, merangkul Gerindra tanpa memberikan jatah apapun. "Atau ketiga menggunakan opsi lunak yakni Gerindra dirangkul tetapi misalnya, dikasih kursi Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)," kata Adi dihubungi Katadata.co.id, Kamis (26/7).

(Baca: Adu Kuat Partai Koalisi Jokowi Berebut Kursi Ketua MPR)

Ketiga opsi tersebut punya konsekuensi yang berbeda dan harus dikaji secara matang oleh koalisi Jokowi-Ma’ruf. Meski pun, empat partai di pendukung pemerintah yakni PKB, PPP, Golkar, dan Nasdem kompak menolak kehadiran anggota baru.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...