Jokowi Pamer Hasil Pembangunan Indonesia kepada Putra Mahkota UEA

Michael Reily
24 Juli 2019, 16:18
Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al bersama Presiden Jokowi disambut pasukan Paspampres saat berkunjung ke Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Rabu (24/7)
AGUNG/Humas Kepresidenan
Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al bersama Presiden Jokowi disambut pasukan Paspampres saat berkunjung ke Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Rabu (24/7)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan hasil pembangunan Indonesia kepada Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan. Berdasarkan keterangan resmi Sekretariat Kabinet, Jokowi memperlihatkan pembangunan di Indonesia kepada Sheikh Mohamed yang berada dalam satu mobil yang sama ketika melintas di kawasan Semanggi dan Bundaran HI. 

Sebelumnya Jokowi menyambut langsung kedatangan Sheikh Mohamed di Bandara Soekano-Hatta, Tangerang, Banten. Di Soekarno-Hatta, Jokowi dan Sheikh Mohamed bersalaman dan berpelukan. 

Setelah itu, rombongan mengarah ke Istana Bogor, Jawa Barat. Sekitar pukul 10:30 WIB, Jokowi dan Sheikh Mohamed berserta rombongan tiba di Istana Bogor. Rombongan disambut pasukan berkuda dan pasukan berbaju adat di halaman depan Istana Bogor. Kemudian, upacara kenegaraan berlangsung dan lagu kebangsaan kedua negara berakhir dengan 21 dentuman meriam.

(Baca: Jonan Sebut Putra Mahkota UEA Bakal Bawa Komitmen Investasi Rp 140 T)

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Sheikh Mohamed melakukan sesi foto bersama, penandatanganan buku tamu, obrolan di beranda, penanaman pohon damar, serta pertemuan empat mata (tete-a-tete). Turut mendampingi Presiden Jokowi adalah Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto.

Ada juga Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kepala Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Kedatangan Sheikh Mohamed pekan depan membawa lebih dari 10 menteri dan pengusaha. Pemerintah melihat potensial kerja sama ekonomi antara kedua negara, terutama investasi. Kunjungan kenegaraan Uni Emirat Arab ini merupakan pertemuan pertama setelah 29 tahun lalu yang dilakukan oleh Presiden Uni Emirat Arab Khalifah bin Zayid al-Nahyan. 

(Baca: Temui Menperin, Delegasi Pengusaha UEA Jajaki Investasi Pabrik LED)

Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...