Pasca-Pemilu, Pasar Properti Saat Ini Diharapkan Kembali Tumbuh

Ameidyo Daud Nasution
27 Juli 2019, 15:43
Pekerja menyelesaikan pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) untuk Nelayan di Desa Kedungmalang, Kedung, Jepara, Kamis (20/7). Sebanyak 200 rumah bantuan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk Nelayan set
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Pekerja menyelesaikan pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) untuk Nelayan di Desa Kedungmalang, Kedung, Jepara, Kamis (20/7). Sebanyak 200 rumah bantuan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk Nelayan setempat tersebut pembangunannya sudah mencapai 55 persen.

Pemerintah berharap pasar properti kembali tumbuh setelah gelaran Pemilu 2019 berakhir. Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Eko Djoeli Heripoerwanto menilai, pengembang dan konsumen sama-sama saling menahan diri, menunggu hasil Pemilu.

"Maka sekarang saat kesempatan baik (bagi pengembang) untuk bertemu konsumen dan perbankan," kata Eko dalam pembukaan Indonesia Properti Expo (IPEX) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Sabtu (27/7).

Untuk menggenjot pertumbuhan properti, Kementerian PUPR akan memprioriaskan program sejuta rumah, Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), hingga bantuan uang muka.

"Pengembang juga agar penuhi syarat teknis dan kualitas rumah. Sementara perbankan diminta tepat memilih kelompok sasaran (pembeli)," kata Eko.

(Baca: BTN Target Salurkan KPR Rp 5 Triliun dalam IPEX 2019 Pekan Ini)

Sepanjang Januari-Februari 2019, FLPP telah disalurkan ke 48.463 unit hunian dengan nilai Rp 4,6 triliun. Angka tersebut mencapai 65% dari dana yang dimiliki Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP).

Sedangkan Subsidi Selisih bunga masih belum terealisasi. Alasannya, "Tagihan di pipeline sudah 50%, kami akan realisasikan beberapa minggu ke depan," kata Eko.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...