Bursa Luncurkan Dua Indeks Baru pada 23 Agustus

Image title
29 Juli 2019, 17:47
saham baru bursa efek indonesia, idx value 30, idx growth 30
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Bursa Efek Indonesia (BEI) akan merilis dua indeks yaitu IDX Value 30 dan IDX Growth 30 pada 23 Agustus 2019.

Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal merilis indeks baru pada 23 Agustus 2019 nanti. Rencananya, Bursa merilis dua indeks yaitu IDX Value 30 dan IDX Growth 30, yang keduanya merupakan saham pilihan dari IDX 80.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi menjelaskan, indeks IDX Value 30 merupakan saham pilihan dari IDX 80 yang mewakili 30 perusahaan yang memiliki likuiditas dan kapitalisasi pasar yang baik. Pemilihan saham di indeks ini akan mempertimbangkan faktor price to earning ratio (PER) dan price to book value (PBV) yang tergolong rendah.

"Artinya, yang tergolong sebagai saham-saham yang cukup murah akan masuk menjadi 30 konstituen dari IDX Value 30," kata Hasan ketika ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Senin (29/7).

Sementara, indeks IDX Growth 30 merupakan saham pilihan dari IDX 80 namun, berkebalikan dengan indeks yang sebelumnya. Pada indeks ini, yang akan masuk adalah 30 saham memiliki PER dan PBV paling tinggi. Sehingga, saham-saham yang berada di indeks ini, merupakan saham yang cukup mahal.

Hasan menambahkan, kedua indeks ini diharapkan diminati untuk menjadi underlying atau benchmark bagi pengelolaan dana, khususnya yang dikelola secara pasif untuk menyerupai kinerja dari kedua indeks tersebut. "Mudah-mudahan setelah peluncurannya, akan ada manajer investasi atau penerbit ETF (Exchange Traded Fund ) yang memanfaatkan indeks itu sebagai underlying dari pengelolaan portofolio dana nasabah," katanya.

Saat ini pihak Bursa sudah mulai melakukan pembicaraan dengan beberapa pengelola manajer investasi maupun calon penerbit ETF. Mereka sudah mulai melakukan proses back testing dan melihat kinerja ke belakang dari dua indeks yang baru nanti.

(Baca: Survei KICI: Investor Ingin Menteri Ekonomi Jokowi dari Profesional)

KICI: Saham Sektor Keuangan Paling Prospektif Tiga Bulan Mendatang

Hasil survei Katadata Investor Confidence Index (KICI) mengungkapkan, sebagian besar investor optimistis dengan kondisi sektor keuangan nasional pada tiga bulan mendatang.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...