BEI Luncurkan Indeks IDX80, Saham Free Float jadi Faktor Penilai

Image title
1 Februari 2019, 16:07
BEI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Bursa Efek Indonesia mengadakan konferensi pers mengenai Pengumuman Perdagangan Bursa Efek Indonesia 2018 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta Selatan (27/12). Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan dirinya optimis dengan pergantian tahun ini, meski tahun depan memasuki tahun politik. Justru tantangan terbesar datang dari faktor eksternal yang tak bisa dihindari.

Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Jumat (1/2), meluncurkan Indeks IDX80 yang merupakan indeks atas harga 80 saham perusahaan tercatat yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar. Indeks IDX80 diharapkan dapat menjadi alternatif acuan bagi para investor dan manajer investasi dalam melakukan investasi.

Berdasarkan keterangan resmi yang dipublikasi oleh BEI, proses seleksi IDX80 diawali dengan penentuan saham-saham semesta (universe), yaitu memilih 150 saham dari seluruh saham tercatat berdasarkan total nilai transaksi di pasar reguler selama 12 bulan terakhir.

Dari 150 saham tersebut, dipilih 80 saham untuk masuk Indeks IDX80 dengan mempertimbangkan faktor likuiditas. Faktor tersebut berdasarkan nilai dan frekuensi transaksi di pasar reguler, jumlah hari transaksi di pasar reguler, dan kapitalisasi pasar saham free float atau mengambang bebas. BEI juga memperhatikan faktor-faktor fundamental yang mencakup kinerja keuangan, serta kepatuhan.

Yang menarik, metode penghitungan Indeks IDX80 menggunakan metode capped free-float adjusted market capitalization weighting. Metode tersebut menggunakan kapitaliasi pasar free float sebagai bobot dengan mengenakan pembatasan bobot (capping) suatu saham dalam indeks paling tinggi adalah 9% pada saat evaluasi. BEI menetapkan tanggal dasar untuk Indeks IDX80 pada 30 Januari 2012 dengan nilai dasar 100.

(Baca: BEI dan DJP Kerjasama Awasi Laporan Keuangan Emiten)

BEI akan melakukan dua jenis evaluasi berkala atas Indeks IDX80, yaitu evaluasi mayor yang mencakup evaluasi atas konstituen, juga penyesuaian kembali bobot saham dalam indeks. Selanjutnya, evaluasi minor yang hanya mencakup penyesuaian kembali bobot saham dalam indeks.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...