Panasonic Tambah Produksi, Menperin Targetkan Ekspor AC 10 Juta Unit

Rizky Alika
30 Juli 2019, 18:30
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto didampingi Dirjen ILMATE Harjanto beserta jajaran bersama Presiden Komisaris PT Panasonic Manufacturing Indonesia Rahmat Gobel meninjau pabrik lokasi produksi AC 2 & 2.5pk relokasi dari Malaysia di Jakarta, 30 Juli
Kemenperin
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto didampingi Dirjen ILMATE Harjanto beserta jajaran bersama Presiden Komisaris PT Panasonic Manufacturing Indonesia Rahmat Gobel meninjau pabrik lokasi produksi AC 2 & 2.5pk relokasi dari Malaysia di Jakarta, 30 Juli 2019.

PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) melakukan relokasi pabrik AC dari Malaysia ke Jakarta. Dengan tambahan kapasitas produksinya di Indonesia, Panasonic merencanakan ekspor 10 juta unit AC dalam waktu 20 tahun.

“Tetapi menurut saya, 20 tahun itu terlalu lama. Kami minta dipercepat menjadi 10 tahun,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam siaran pers, dikutip Selasa (30/7).

Hal tersebut disampaikan pada acara Produksi Perdana AC 2.0 PK dan 2.5 PK serta Peringatan Pencapaian Produksi AC ke-5 Juta Set PT PMI di Jakarta. Airlangga turut didampingi Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Harjanto serta Direktur Industri Elektronika dan Telematika Janu Suryanto.

Airlangga pun optimistis target penambahan ekspor dapat dicapai. Ia menilai, industri elektronika dapat mendongkrak ekspor nasional. Terlebih lagi, industri home appliances semakin kuat. "Tinggal diperdalam lagi struktur manufakturnya,” ujarnya.

(Baca: BKPM Targetkan Hyundai Mulai Investasi Sebelum November 2019)

Investasi Panasonic tersebut, menurut Airlangga, juga menunjukkan optimisme dari pelaku industri. Ini juga tidak terlepas dari upaya pemerintah dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...