Bunga Acuan AS Turun, Darmin Minta BI Perhatikan Inflasi

Rizky Alika
1 Agustus 2019, 17:22
darmin nasution, bank indonesia, suku bunga acuan
KATADATA | Arief Kamaludin
Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution Darmin Nasution meminta Bank Indonesia memperhatikan inflasi dalam menentukan suku bunga acuan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan Bank Indonesia (BI) perlu mempertimbangkan faktor domestik dalam menentukan suku bunga acuan. Meskipun bank sentral Amerika Serikat (AS), The Fed, telah menurunkan bunga acuannya.

Salah satu faktor domestik yang perlu diperhatikan BI adalah inflasi di dalam negeri. “Jadi tidak bisa terisolasi bikin sendiri semaunya. Harus lihat inflasinya bagus tidak,” kata Darmin di Jakarta, Kamis (1/8).

Biarpun begitu, faktor eksternal tetap perlu dipantau demi menjaga suku bunga acuan tetap kompetitif di antara negara lainnya. Adapun, The Fed memutuskan untuk memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin (bps) pada Rabu (31/7). 

Penurunan suku bunga tersebut merupakan penurunan suku bunga pertama kalinya sejak krisis keuangan global 2008. The Fed menyatakan keputusan tersebut diambil karena adanya implikasi perkembangan ekonomi global untuk prospek ekonomi ke depan dan tekanan inflasi yang rendah.

(Baca: Rupiah Berpotensi Menguat Pasca Penurunan Suku Bunga The Fed)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...