Polusi Jakarta Buruk, Jokowi Tawarkan Solusi untuk Anies

Michael Reily
1 Agustus 2019, 13:33
jokowi, anies basweda, kualitas udara jakarta
ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Jumat (3/11). Presiden Jokowi menawarkan tiga solusi untuk mengatasi buruknya kualitas udara di Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan beberapa solusi untuk mengatasi buruknya kualitas udara di Jakarta kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sebab, penanganan permasalahan polusi udara di Jakarta merupakan wewenang Gubernur.

Salah satu solusi yang ditawarkan Jokowi adalah penggunaan transportasi umum berbasis kendaraan listrik seperti bus listrik hingga taksi listrik. "Paling tidak transportasi umum, nanti akan saya sampaikan ke Gubernur, bus listrik, taksi listrik, sepeda motor listrik yang sudah bisa kita produksi, " katanya di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta, Kamis (1/8).

Dia juga menyarankan agar Anies memberlakukan Electronic Road Pricing (ERP). ERP adalah penerapan jalan berbayar elektronik untuk mengatasi kemacetan lalu lintas. Dengan begitu masyarakat bisa beralih ke transportasi umum. Selain itu, Jokowi juga mengusulkan solusi jangka pendek lain seperti penggunaan hujan buatan.

Kualitas udara Ibu Kota Jakarta memang cukup memprihatinkan. Kualitas udara Jakarta pada Rabu (31/7) pukul 06.00 WIB tercatat di angka 155. Angka ini menunjukkan kualitas udara masuk pada kategori tidak sehat dengan konsentrasi parameter PM2.5 sebesar 63,5 ug/m3 berdasarkan US Air Quality Index (AQI) atau indeks kualitas udara.

(Baca: Bandingkan dengan Jakarta, Wali Kota Risma Pamer Pencapaian Surabaya)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...