Menteri LHK: Tumpahan Minyak Blok ONWJ Sudah Masuk Perairan Serang

Michael Reily
5 Agustus 2019, 20:11
Warga mengumpulkan tumpahan minyak (Oil Spill) yang tercecer di Pesisir Pantai Cemarajaya, Karawang, Jawa Barat, Senin (22/7/2019). Tumpahan minyak tersebut tercecer di sepanjang pantai Sedari hingga pantai Cemarajaya akibat kebocoran pipa proyek eksplora
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Warga mengumpulkan tumpahan minyak (Oil Spill) yang tercecer di Pesisir Pantai Cemarajaya, Karawang, Jawa Barat, Senin (22/7/2019). Tumpahan minyak tersebut tercecer di sepanjang pantai Sedari hingga pantai Cemarajaya akibat kebocoran pipa proyek eksplorasi minyak milik Pertamina.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengungkapkan bahwa tumpahan minyak di lepas pantai Blok ONWJ milik Pertamina sudah masuk ke Kabupaten Serang, Banten. Hal ini terungkap berdasarkan laporan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. 

"Dia (Ratu Tatu) bilang kemungkinan pencemaran sampai. Saya sudah minta untuk pengecekan ke lapangan," kata Siti di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/8).

Siti menyebutkan, secara keseluruhan ada sembilan desa yang terdampak tumpahan minyak Blok ONWJ, dengan rincian dua desa di Bekasi dan tujuh desa lainnya di Jawa Barat. "Kami juga sudah mengambil sampel tumpahan minyak sehingga kalau ada langkah hukum kami ikut dari awal," ujarnya.

Dia menyampaikan bahwa Kementerian Lingkungan Hidup telah mengawal peristiwa tumpahnya minyak tersebut sejak awal. Menurut Siti, ada tiga langkah dan panduan untuk meminimalisasi dampak lingkungan dan terhadap masyarakat dari peristiwa tersebut.

(Baca: Penanganan Kebocoran Migas Blok ONWJ Dianggap Belum Cukup Baik)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...