Sidang Kabinet RAPBN 2020, Jokowi Tekankan Pembangunan SDM

Michael Reily
5 Agustus 2019, 18:05
jokowi, rapbn 2020,
Katadata/Donang Wahyu
Ilustrasi. Presiden Jokowi saat wawancara khusus dengan Katadata.co.id, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/5/2019). Jokowi meminta agar politik anggaran fokus pada pembangunan SDM untuk meningkatkan daya saing nasional baik untuk ekspor maupun investasi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Sidang Kabinet tentang Nota Keuangan dan Rencana Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020. Dia pun menekankan pembentukan Badan Riset Nasional serta pembukaan investasi untuk sumber daya manusia.

Presiden meminta agar RAPBN 2020 bisa menggambarkan daya saing ekonomi nasional terhadap gejolak global yang tidak pasti. Sehingga, dia berharap pengelolaan anggaran dapat fokus dan tepat sasaran pada masyarakat.

Jokowi menyatakan arah politik anggaran ke depan harus bisa meningkatkan daya saing nasional untuk ekspor dan investasi. "Arah politik anggaran ke depan yaitu lebih fokus untuk investasi pembangunan sumber daya manusia secara besar-besaran," katanya di Istana Negara, Senin (5/8).

Menurut Jokowi, negara harus hadir dalam pembangunan sumber daya manusia sejak anak berada dalam kandungan sampai masa emas. Dia pun menyorot kasus stunting yang terjadi untuk segera selesai permasalahan pembangunan.

(Baca: DPR Sahkan RAPBN 2020, Pertumbuhan Ekonomi Dipatok 5,2%-5,5%)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...