Unjuk Rasa Mitra Pengemudi di Kantor Gojek Sempat Rusuh

Cindy Mutia Annur
5 Agustus 2019, 13:09
ojek online, demo gojek
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sejumlah pengemudi ojek berdemo di depan kantor Gojek, Blok M, Jakarta, Senin (5/8/2019). Sekitar lima ribu mitra pengemudi kendaraan roda empat dan dua berencana melakukan unjuk rasa di depan kantor pusat Gojek.

Ribuan mitra pengemudi taksi dan ojek online berdatangan sejak pukul 09.00 WIB untuk berunjuk rasa di depan Kantor Gojek. Aksi itu sempat diwarnai kericuhan sekitar pukul 11.50 WIB.

Kerusuhan terjadi karena sebagian massa mendorong kerumunan polisi yang berjaga. Selain itu, orator mengajak massa untuk masuk ke kantor Gojek. “Semua masuk ke dalam (kantor Gojek) teman-teman. Ayo kita maju saja,” kata Penanggung Jawab Aksi untuk Mitra Pengemudi Kendaraan Roda Dua Mahmud di Jakarta, Senin (5/8).

Lantas, beberapa massa ikut naik ke atas mobil komando dan menyalakan suar (flare). Hal itu kemudian memancing mitra pengemudi lainnya untuk berteriak dan mendorong polisi. Karenanya, kepolisian langsung meningkatkan pengamanan.

Puluhan polisi pun berjajar membentuk barikade untuk menghalangi massa masuk ke kantor Gojek. Namun, para pengunjuk rasa tetap mendorong polisi.

(Baca: Besok, 5 Ribu Mitra Pengemudi Unjuk Rasa di Kantor Gojek)

Polisi juga mengimbau pengelola gedung di sekitar kantor pusat Gojek di Pasaraya Blok M untuk mengunci pintu masuk mal. Hal itu dilakukan agar massa tidak memaksa masuk ke dalam gedung.

Hal ini juga membuat lalu lintas di sekitar kantor Gojek mengalami kemacetan. Padahal, sekitar pukul 10.30 WIB lalu lintas terpantau ramai lancar. Namun, massa berangsur tenang setelah azan zuhur berkumandang.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...