Dua Rencana Unjuk Rasa Ojek Online Tuntut Kenaikan Tarif

Desy Setyowati
23 Juli 2018, 18:33
demonstrasi ojek online
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Sejumlah pengemudi ojek berdemo di seberang Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/3/2018)

Pengemudi ojek online berencana menggelar unjuk rasa dalam dua sesi; yang pertama pada 29 Juli 2018 dan yang kedua pada 18 Agustus 2018, saat pembukaan Asian Games 2018. Kedua aksi unjuk rasa tersebut dilakukan oleh kelompok berbeda yakni Suara Kami dan Garda.

Kelompok Suara Kami yang merupakan kumpulan pengemudi taksi dan ojek online semula akan menggelar unjuk rasa pada hari ini (23/7). Namun, rencana itu terpaksa ditunda hingga Ahad, 29 Juli 2018 karena kurang persiapan.

"Karena waktu yang singkat, beberapa hal penting dalam aksi tidak selesai tepat waktu," ujar Ketua Umum Asosiasi Driver Online (ADO) Christiansen FW kepada Katadata, Senin (23/7). ADO merupakan bagian dari organisasi Suara Kami.

Adapun tuntutan yang hendak disampaikan adalah tarif yang layak dan kesejahteraan bagi pengemudi taksi dan ojek online.

Demonstrasi oleh Suara Kami bakal digelar di Kantor Pusat Grab di Gedung Lippo, Kuningan, dan Kantor Pusat Gojek di Pasaraya Blok M. Selain itu, mereka juga akan berunjuk rasa di depan Istana Negara.

(Baca juga: Usul Kemenhub Agar Pengemudi Ojek Online Tak Demo Saat Asian Games)

Sementara kelompok Garda berencana menggelar unjuk rasa pada pembukaan Asian Games 2018, 18 Agustus mendatang. Unjuk rasa rencananya bakal digelar di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, dan Jakabaring, Palembang.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...