CEO Mundur, HSBC Pangkas 4.000 Karyawan

Hari Widowati
6 Agustus 2019, 10:45
HSBC berencana memangkas 4.000 karyawannya di seluruh dunia sebagai bagian dari efisiensi perusahaan. Perlambatan ekonomi global menjadi salah satu faktor penyebab terpukulnya bisnis bank tersebut.
Dok. HSBC
HSBC berencana memangkas 4.000 karyawannya di seluruh dunia sebagai bagian dari efisiensi perusahaan. Perlambatan ekonomi global menjadi salah satu faktor penyebab terpukulnya bisnis bank tersebut.

HSBC Holdings Plc, bank multinasional yang berkantor pusat di London, berencana memangkas sekitar 2% dari jumlah pekerjanya atau lebih dari 4.000 karyawan di seluruh dunia. Langkah tersebut diumumkan tak lama setelah John Flint mengundurkan diri dari posisi chief executive officer (CEO) HSBC, Senin (5/8).

Flint mundur setelah menjabat selama 18 bulan sebagai CEO HSBC. Pengunduran diri Flint disampaikan setelah bank tersebut mengumumkan kinerja semester I 2018. Laba bersih bank multinasional itu naik 18,1% menjadi US$ 9,9 miliar atau sekitar Rp 138,6 triliun. Adapun pendapatan bank naik 7,6% menjadi US$ 29,37 miliar atau sekitar Rp 411,18 triliun.

"Saya dan Dewan Komisaris telah sepakat bahwa pengumuman kinerja tengah tahun yang baik ini mengindikasikan saat yang tepat untuk perubahan, bagi saya maupun HSBC," kata Flint, seperti dikutip dari siaran pers HSBC, Senin (5/8).

Ia merasa sedih karena harus meninggalkan HSBC yang menjadi tempatnya meniti karier selama hampir 30 tahun terakhir. Pria berusia 51 tahun itu memulai kariernya dari posisi international officer trainee hingga mencapai posisi tertinggi sebagai CEO. Namun, Flint juga menanti tantangan baru selepas mundur dari bank raksasa tersebut.

Dewan Komisaris HSBC meminta Noel Quinn untuk menjadi Pelaksana tugas (plt) Direktur Eksekutif Grup HSBC menggantikan Flint. Quinn sebelumnya menjabat direktur eksekutif Perbankan Komersial Global HSBC sejak 2015. Ia juga sudah bekerja di HSBC selama 32 tahun terakhir.

(Baca: PHK Massal 18 Ribu Pegawai, Apa yang Salah dengan Deutsche Bank?)

PHK 4.000 Karyawan dan Pesangon US$ 700 Juta

Setelah pengunduran diri bos HSBC diumumkan, bank tersebut juga mengonfirmasi rencana pengurangan 2% dari 238 ribu pegawainya di seluruh dunia. Pengurangan jumlah karyawan HSBC ini dilakukan untuk menghadapi ekonomi global yang semakin menantang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...