Saat IHSG Anjlok, Saham Sektor Konsumer dan Bank Jadi Pilihan

Image title
6 Agustus 2019, 11:49
ihsg, pasar modal, bursa efek indonesia, bursa saham
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Seorang pengunjung memotret layar pergerakan IHSG. Ditengah anjloknya IHSG hari ini, analis menyebut saham perbankan dan sektor konsumer dapat tetap menjadi pilihan.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok pada perdagangan pagi ini hingga sempat turun 2,4% ke level 6.022. Saham di sektor keuangan mencatatkan penurunan paling tajam dan sempat terkoreksi hingga mencapai 3,11%.

Hingga perdagangan pukul 11.15 WIB, IHSG sudah mulai menguat dan kembali ke level 6.150. Saham di sektor finansial yang sempat turun tajam, kini mencatatkan penurunan sebesar 1,13%.

Sementara saham sektor saham sektor Industri Dasar yang juga sempat terkoreksi 3,1% hingga pukul 11.15 WIB tercatat turun 0,93% dibanding kemarin. Sektor Aneka Industri juga tercatat sempat turun hingga 2,28% dan sektor Properti 2,24%.

Hingga berita ini ditulis, volume perdagangan saham sebanyak 9,76 miliar saham dengan nilai perdagangan mencapai Rp4,66 triliun. Tercatat 300 saham turun, 86 naik, dan 105 tetap. Investor asing pun tercatat sudah melakukan aksi jual bersih di pasar reguler mencapai Rp744 miliar.

(Baca: Bursa Saham Asia Terpukul, IHSG Sempat Anjlok Lebih dari 2%)

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demusmengatakan sentimen perdagangan IHSG hari ini masih dari perang dagang kedua negara tersebut setelah keputusan Trump untuk kembali mengenakan tarif sebesar 10% dari US$300 miliar barang yang diimpor ke Amerika. Tiongkok memilih  menghentikan pembelian produk pertanian Amerika saat ini akibat dari respon keputusan Trump.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...