Pergerakan Yuan Stabil, Rupiah Dibuka Menguat Rp 14.234 per Dolar AS

Agatha Olivia Victoria
9 Agustus 2019, 08:48
nilai tukar rupiah, dolar, cad
Arief Kamaludin|KATADATA
Nilai tukar rupiah dibuka menguat Rp 14.200 per dolar AS pada Jumat (9/8).

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada Jumat (9/8) dibuka pada level 14.234. Saat berita ini ditulis, rupiah makin menguat berada pada posisi 14.213 per dolar AS atau naik 0,08%.

Mengutip Bloomberg, saham di Asia terdorong lebih tinggi pada pagi ini karena sentimen positif dari sesi yang kuat di Wall Street. Selain rupiah, tercatat beberapa mata uang Asia lainnya yang turut menguat.

Advertisement

(Baca: Rupiah Menguat 14.213 per Dolar AS Berkat Langkah 2 Bank Sentral Asia)

Yen Jepang menguat 0,08%, dolar Taiwan menguat 0,25%, peso Filipina menguat 0,27%, rupee India menguat 0,27% dan baht Thailand menguat 0,07%. Penguatan beberapa mata uang Asia ini tak terlepas pula dari kembali stabilnya yuan. Yuan tercatat kembali menguat 0,21% pada hari ini.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim mengungkapkan bahwa hari ini, BI akan mengumumkan data Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) kuartal II-2019. "Dalam transaksi hari Jumat rupiah akan diperdagangkan fluktuatif namun akan ditutup melemah tipis akibat dari dampak jeleknya data NPI," katanya dalam keterangan tertulisnya kepada media, Jakarta, Kamis (8/8).

Menurut Ibrahim, pada hari ini investor akan sangat mencermati data NPI. Terutama, di pos transaksi berjalan (current account). Adapun BI memperkirakan defisit transaksi berjalan alias Current Account Deficit (CAD) pada kuartal II-2019 akan lebih dalam daripada kuartal sebelumnya.

(Baca: Berkat Neraca Dagang Tiongkok, Rupiah dan Mata Uang Asia Menguat)

Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement