BI Tunggu Waktu Tepat untuk Pangkas Lagi Bunga Acuan

Rizky Alika
12 Agustus 2019, 12:20
bank indonesia, gubernur bi, deputi gubernur bi
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo (kanan) didampingi Deputi Gubernur BI Erwin Rijanto (tengah) dan Dody Budi Waluyo (kiri), menyampaikan keterangan pers tentang hasil Rapat Dewan Gubernur BI bulan April 2019. Bank Indonesia pada Senin (12/8) menyebut ruang penurunan bunga masih terbuka.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo kembali menegaskan pihaknya masih membuka ruang penurunan bunga acuan. Kendati demikian, pihaknya mengaku masih menunggu waktu yang tepat untuk kembali memangkas bunga. 

"Gubernur (BI) telah mengatakan room (penurunan bunga acuan) ada. Jadi tinggal menunggu timing-nya," kata dia dikantornya, Jakarta, Senin (12/8).

Menurutnya, waktu yang tepat menjadi hal penting lantaran ada risiko yang dihadapi. Risiko tersebut berasal dari eksternal, seperti keberlanjutan perang dagang dan kondisi pasar global yang turut memengaruhi kondisi domestik.

(Baca: Wapres JK Desak Bunga Kredit Turun, Gubernur BI: Ada Ruang Penurunan)

Di sisi lain, penurunan bunga acuan tersebut juga harus dipertimbangkan dampaknya pada pertumbuhan ekonomi. Selain itu, kestabilan rupiah juga menjadi perhatian utama BI. 

Sebelumnya, Gubernur BI Perry Warjiyo mengaku membuka ruang bagi kebijakan yang dapat mengakomodasi perekonomian nasional, termasuk menurunkan bunga acuan. "Ke depan kita masih ada ruang untuk kebijakan moneter lain seperti penurunan suku bunga," ungkap Perry.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...