Wapres JK Desak Bunga Kredit Turun, Gubernur BI: Ada Ruang Penurunan

Michael Reily
9 Agustus 2019, 15:35
gubernur bi, perry warjiyo
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo membuka ruang penurunan bunga acuan lebih lanjut.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta secara langsung kepada Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo untuk menurunkan suku bunga acuan. Menanggapi tersebut, Perry menyebut pihaknya masih membuka ruang penurunan bunga lebih lanjut.

JK mengungkapkan suku bunga acuan yang tinggi bakal mengakibatkan masyarakat menyimpan uang. Sebaliknya, suku bunga acuan yang rendah dapat mendorong investasi. 

Sambil sedikit berkelakar, JK pun meminta penurunan suku bunga acuan. "Saya mohon maaf bukan kuliah Bapak (Perry), tapi mohon, turunkanlah," katanya di Seminar Nasional Transformasi Ekonomi untuk Indonesia Maju di Jakarta, Jumat (9/8). 

JK juga mengungkapkan bunga kredit korporasi di Indonesia masih jauh lebih tinggi dibandingkan negara-negara tetangga, yakni mencapai sekitar 10-11%. Ia pun meminta agar bunga kredit korporasi di Tanah Air minimal bisa setara dengan Thailand yang berada di kisaran 7%. 

(Baca: Respons Defisit Transaksi Berjalan Tembus 3%, Sri Mulyani Cuma Senyum)

Sementara  menanggapi permintaan JK, Perry yang juga menjadi pembicara dalam acara yang sama mengaku BI membuka ruang bagi kebijakan yang dapat mengakomodasi perekonomian nasional, termasuk menurunkan bunga acuan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...