Cerita Produsen Pisang Sunpride Soal Susahnya Ekspor ke Tiongkok

Pingit Aria
12 Agustus 2019, 16:48
Pisang Sunpride berkualitas ekspor produksi PT Great Giant Pineapple.
Kemenko Perekonomian
Pisang Sunpride berkualitas ekspor produksi PT Great Giant Pineapple.

Tiongkok adalah salah satu pasar utama bagi produk ekspor Indonesia. Sepanjang semester I 2019, nilai ekspor Indonesia ke Tiongkok mencapai US$ 12, 27 miliar. Namun, bukan berarti mudah untuk mengirim barang menembus Negeri Panda tersebut.

PT Great Giant Pineapple (GGP) adalah produsen buah-buahan dengan merek dagang Sunpride. Pisang dan nanas produksi perusahaan yang berbasis di Lampung ini telah diekspor ke 65 negara di dunia.

“Tapi Tiongkok betul-betul sulit. Sudah tujuh tahun kami berusaha mengekspor pisang ke sana dan belum berhasil,” kata Government Relation PT GGP Willy Soegiono dalam diskusi bertema ‘Pengembangan Hortikultura untuk Peningkatan Ekspor dan Ekonomi Daerah’ di Madiun, Senin (12/8).

Grafik:

Menurutnya, setiap negara memang memiliki persyaratan yang berbeda untuk produk pangan impor. Yang mana, syarat masuk untuk produk segar biasanya lebih rumit. Untuk masuk ke pasar Eropa misalnya, ada 21 sertifikasi berbeda yang harus dipenuhi.

(Baca juga: Pangkas Defisit Neraca Dagang, Pemerintah Dorong Ekspor Hortikultura)

Bagaimanapun, tahun lalu PT GGP dapat mengekspor 4 ribu kontainer nanas segar dan 13 ribu kontainer nanas kaleng. “Untuk nanas kaleng, kita adalah eksportir terbesar di dunia,” katanya. Ia menambahkan, “Perbandingannya, dari tiap lima kaleng nanas di dunia, satu dari Indonesia.”

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...