BPMA Identifikasi Sumur-sumur Tua Cegah Pengeboran Ilegal

Image title
13 Agustus 2019, 11:18
semburan minyak, semburan gas, minyak. pengeboran ilegal
ANTARA FOTO/Rahmad
Ilustrasi semburan minyak akibat pengeboran ilegal.

Badan Pengelola Migas Aceh akan mengindentifikasi sumur-sumur tua yang sudah tak berproduksi lagi dan berpotensi dijadikan aktivitas pengeboran ilegal. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kembali terjadinya semburan gas, seperti yang terjadi pada bekas sumur Medco E&P Malaka di Kecamatan Peureulak Timur, Aceh.

Plt Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) Azhari Idris menyatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Aceh guna melakukan sosialisasi terkait faktor bahaya dari pengeboran sumur minyak ilegal. Di samping itu, pihaknya juga akan mengidektifikasi sumur-sumur tua yang ditinggalkan oleh operator lama dan berpotensi disalah gunakan.

"Jadi, di mana ada potensi-potensi sumur-sumur lama yang ditinggalkan oleh operator lama dan tidak berproduksi lagi akan kita identifikasi lagi," kata Azhari saat ditemui Katadata.co.id di Gedung Kementerian ESDM, Senin (12/8).

(Baca: Semburan Gas di Aceh Berhenti, BPMA Gandeng Medco untuk Tutup Sumur)

Ia menjelaskan komunikasi dengan masyarakat sekitar sumur tersebut penting dilakukan. Masyarakat, menurut dia, harus paham bahaya dari aktivitas pengeboran ilegal sehingga bisa membantu mencegah terjadinya aktivitas tersebut.

"Kebeutulan saja kemarin jauh dari tempat penduduk di perkebunan sawit dan secara letak geografisnya terselamatkan, tapi kalau itu dekat dengan masyarakat kan berbahaya," kata Azhari.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...