Demo dan Penutupan Bandara Hong Kong, KJRI Imbau WNI Perbarui Informasi

Image title
Oleh Ekarina
13 Agustus 2019, 03:00
Demonstran anti-uu ekstradisi mengadakan aksi protes di ruang kedatangan Bandara Internasional Hong Kong, di Hong Kong, China, Jumat (9/8/2019).
ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter
Demonstran anti-uu ekstradisi mengadakan aksi protes di ruang kedatangan Bandara Internasional Hong Kong, di Hong Kong, China, Jumat (9/8/2019).

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong mengeluarkan imbauan terkait situasi terkini, menyusul aksi pendudukan bandara oleh pengunjuk rasa di Terminal 1 Bandara Internasional Hongkong, pada Senin (12/8). Akibat situasi ini, otoritas bandara menutup seluruh penerbangan dari dan ke luar Hong Kong sejak kemarin, pukul 17.45 waktu setempat.

KJRI mengimbau, bagi warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki rencana penerbangan ke luar Hong Kong pada Senin atau beberapa hari ke depan,  agar segera menghubungi agen travel atau maskapai penerbangan untuk memastikan kembali status jadwal penerbangan.

WNI juga diimbau mencari alternatif tempat tinggal atau akomodasi sementara di Hong Kong sampai mendapatkan kepastian jadwal penerbangan berikutnya.

Kemudian, WNI diharapkan terus memonitor perkembangan status jadwal penerbangan melalui website resmi Bandara Internasional Hong Kong (https://www.hongkongairport.com/en/) dan website resmi maskapai penerbangan masing-masing.

(Baca: Demonstrasi Meluas ke Objek Vital, Bandara Hongkong Lumpuh Total)

"Informasi lain yang diterima, saat ini transportasi dari bandara menuju ke Hong Kong juga mengalami gangguan Untuk itu, kepada WNI yang sedang berada di bandara disarankan tetap tenang dan menunggu sampai moda transportasi berjalan kembali," tulis pengumuman resmi KJRI Hongkong.

Sementara, bagi WNI yang terjebak dalam situasi unjuk rasa, diminta agar tetap tenang dan mengantri dengan tertib untuk mendapatkan transportasi ke kota. WNI juga diminta tidak ikut bergabung atau berada didekat dengan pengunjuk rasa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...