Jokowi Minta Menteri Saling Kerja Sama Gaet Investasi di Dubai Expo

Penulis: Michael Reily

Editor: Ekarina

13/8/2019, 16.00 WIB

Jokowi berharap seluruh peserta Indonesia dalam Dubai Expo bisa saling berkonsolidasi, guna menampilkan imej yang baik kepada negara lain.

Presiden Jokowi saat wawancara khusus dengan Katadata.co.id, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/5).
Katadata/Donang Wahyu
Presiden Jokowi saat wawancara khusus dengan Katadata.co.id, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/5).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para jajaran menteri saling bekerjasama dan memanfaatkan peluang dengan baik dalam menggaet investasi, perdagangan dan pariwisata pada ajang Dubai Expo. Kegiatan internasional terbesar ketiga setelah Piala Dunia dan Olimpiade itu akan diselenggarakan pada 20 Oktober 2020 sampai 10 April 2021.

Dalam Rapat Terbatas, Jokowi meminta  paviliun Indonesia dipersiapkan dengan baik, detail dan matang, agar stand pameran Indonesia bisa menampilkan imej negara besar.

"Ajang expo pertemuan teknologi dan inovasi industri, yang diikuti kurang lebih 190 negara. Kita harus memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya, baik dalam rangka urusan perdagangan, pariwisata, dan urusan investasi, khususnya pasar di Timur Tengah," katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (13/8).

(Baca: Temui Jokowi, Anies Sebut Transjakarta Bakal Pakai Bus Listrik)

Karena itu dia meminta, integrasi pemerintah dan swasta harus saling beriringan.  Apalagi, anggaran pameran internasional dari 18 kementerian sangat besar, ditambah dana promosi oleh perusahaan BUMN.

Jokowi berharap seluruh peserta Indonesia dalam Dubai Expo bisa saling berkonsolidasi, guna menampilkan imej yang baik kepada negara lain. Sehingga, investor tertarik karena Indonsia menampilkan kemudahan untuk berbisnis.

(Baca: Jokowi Beri Waktu 60 Hari untuk Tindak Lanjut Komitmen Uni Emirat Arab)

Mantan Walikota Solo ini juga mengingatkan agar stand pameran Indonesia di Dubai Expo tidak memilih tempat di area paling belakang atau dekat toilet. "Kalau seperti itu tidak usah ikut, malah malu. Kita ingin membangun sebuah kepercayaan, membangun sebuah imej, tapi kita tidak dapat apa-apa," ujar Jokowi.

Dubai Expo 2020 bakal berlangsung dalam area pameran seluas 438 hektare yang berlokasi di distrik Dubai Selatan, dekat Al-Maktoum International Airport, Uni Emirat Arab. Ajang pameran dunia tersebut merupakan kegiatan internasional yang diselenggarakan lima tahun sekali. World Expo 2015 sebelumnya diselenggarakan di Milan, Italia.

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN