Amnesty Internasional Dukung Jokowi ke Papua Atasi Kerusuhan

Image title
20 Agustus 2019, 22:06
jokowi ke papua mediasi
ANTARA FOTO/GUSTI TANATI
Massa melakukan aksi di Jayapura, Senin (19/8/2019). Aksi tersebut untuk menyikapi peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya, Malang dan Semarang. Amnesty Internasional mendukung jika Presiden Jokowi datang ke Papua untuk melakukan mediasi.

Amnesty Internasional mendukung jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang ke Papua, untuk melakukan mediasi. Organisasi ini juga meminta pemerintah meningkatkan perhatian terkait Hak Asasi Manusia (HAM), khususnya di wilayah timur Indonesia.

Manajer Peneliti Amnesty Internasional Papang Hidayat menyambut positif jika Jokowi mau berkunjung ke Papua dan berdiskusi dengan warga di sana. “Dia (Presiden Jokowi) betul, ketika (berencana) ke Papua. Mendengar keluhan warga,” kata dia di Gedung Kontras, Jakarta, Selasa, (20/8).

Ia optimistis, langkah tersebut efektif untuk meredakan kemarahan warga Papua. Meski begitu, ia juga berharap agar pemerintah memprioritaskan persoalan HAM, selain pemindahan ibu kota. “Urusan HAM di Papua diharapkan menjadi prioritas," kata dia.

(Baca: Jokowi Segera Diajak ke Papua untuk Diskusi dengan Masyarakat)

Hal senada disampaikan oleh Koordinator Kontras Yati Andriani. Ia berharap pemerintah mengambil langkah konkret dalam menjamin perlindungan HAM dan hak ekonomi, sosial, serta budaya warga Papua.

"Peristiwa terakhir harus menjadi lonceng evaluasi bagi pemerintah untuk segera mengambil tindakan nyata, ketimbang hanya menyampaikan pernyataan,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...