Impor Migas Naik, Asosiasi Pelaku Migas Sebut Pentingnya Eksplorasi

Image title
20 Agustus 2019, 17:49
Indonesian Petroleum Association (IPA), eksplorasi migas
Katadata
Ilustrasi, eksplorasi migas. Indonesian Petroleum Association (IPA) menyatakan pentingnya eksplorasi demi menekan impor migas.

Pejabat Presiden Indonesian Petroleum Association (IPA) Bij Agarwal menyatakan pemerintah harus meningkatkan kegiatan eksplorasi migas demi menekan defisit neraca berjalan. Dengan kegiatan eksplorasi, cadangan migas Indonesia bisa bertambah sehingga impor migas berkurang.

Sebab, impor migas menjadi salah satu faktor pendorong defisit neraca berjalan. "Pemenuhan kebutuhan migas dalam negeri bisa dilakukan melalui eksplorasi," ujar Bij dalam Press Conference gelaran IPA Convex 2019 di jakarta, Selasa (20/8).

Potensi cadangan migas Indonesia dinilai masih signifikan dibandingkan negara lain di Asia Tenggara. Apalagi jika ditambah dengan upaya mengoptimalkan produksi dari lapangan migas yang sudah ada. 

Hanya saja, IPA berharap pemerintah mampu menjaga iklim investasi hulu migas lebih kondusif. Sebab, eksplorasi migas membutuhkan biaya yang cukup besar. "IPA dukung upaya pemerintah untuk ciptakan iklim investasi yang baik dan menarik," ujarnya.

Sejauh ini pemerintah telah memangkas regulasi yang menghambat investasi. Pemerintah juga telah menyederhanakan proses pengambilan keputusan untuk meningkatkan iklim investasi migas.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...