Sri Mulyani: Indonesia Harus Waspadai Resesi

Agatha Olivia Victoria
21 Agustus 2019, 14:25
Sri Mulyani Peringatkan Indonesia Harus Waspadai Resesi
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan Indonesia dalam acara Knowledge sector Intiative Katadata forum dengan tema "Mencari model Pengelolaan Dana dan Pengorganisasian Riset untuk Indonesia" di The Energy Building, Jakarta Pusat (31/7).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa Indonesia harus mewaspadai kondisi perekonomian global yang semakin rawan terhadap pelemahan, bahkan masuk dalam resesi. Menurut Menkeu, tidak hanya Indonesia yang mengalami tantangan tersebut, tetapi seluruh negara, terutama negara berkembang.

"Tantangan eksternal, apa yang kita perhatikan dalam ekonomi dunia apakah itu proyeksi ekonomi dunia melemah bahkan beberapa bisa disebut resesi. Ini pusat kewaspadaan kita," katanya dalam Seminar Nasional Nota Keuangan RAPBN 2020 di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (21/8).

Maka dari itu, ia menjelaskan bahwa dinamika global yang terjadi saat ini harus bisa dipahami. Hal ini lantaran beberapa negara sudah mengalami masa krisis akibat dinamika ekonomi global tersebut.

Bahkan ia menyebutkan, negara yang mengalami pelemahan hingga resesi kini merupakan negara yang sangat berpengaruh di perekonomian global.

(Baca: Ancaman Ekonomi 2020 Sulit Diprediksi, Sri Mulyani Paparkan Dampaknya)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...