Target Jasa Marga 3 Ruas Tol di Jawa & Kalimantan Beroperasi Tahun Ini

Image title
21 Agustus 2019, 20:10
Jasa Marga,
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Sejumlah kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019).

PT Jasa Marga Tbk menargetkan tiga ruas tol beroperasi hingga akhir tahun ini, yaitu tol Layang Jakarta-Cikampek, Balikpapan-Samarinda, dan sesi 4 dan 5 tol Pandaan-Malang. Khusus tol Layang Jakarta-Cikampek rencananya akan beroperasi sebelum Hari Natal dan Tahun Baru.

Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal menjelaskan tarif tiga ruas tol tersebut belum diputuskan karena masih menunggu keputusan dari pemerintah. "Kami masih menunggu keputusan pemerintah, karena masih dikaji," kata Donny, saat public expose di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (21/8).

Advertisement

Jalan tol Layang Jakarta-Cikampek sepanjang 36,4 kilometer (km) menyerap dana investasi sebesar Rp 14 triliun. Sedangkan untuk proyek tol Balikpapan-Samarinda membutuhkan investasi sebesar Rp 9,9 triliun. Tol ini membentang sepanjang 99,35 km, sekaligus jalan tol pertama di Pulau Kalimantan.

(Baca: Seluruh Saham BUMN Karya Naik Usai Jokowi Ungkap Fokus Infrastruktur)

Kemudian, ruas tol Pandaan-Malang seksi tiga yaitu Lawang-Singosari dan seksi 4 yaitu Singosari Pakis. Total investasi untuk membangun tol Pandaan-Malang sebesar Rp 5,7 triliun.

Pada tahun depan Jasa Marga akan mengerjakan proyek tol Kertosono-Kediri, dan akan membidik proyek tol yang akan dilelang oleh pemerintah. "Seperti akses Jawa-Bali Selatan. Tapi juga masih melihat apakah pemerintah akan melelang itu tahun depan," katanya.

Untuk mendanai proyek yang dibidik Jasa Marga, perseroan membuka peluang untuk menerbitkan surat utang atau obligasi. Menurutnya obligasi ini merupakan alternatif pembiayaan, apalagi bunga yang diberikan oleh perbankan cukup kompetitif yakni 8-8,5%.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement