Akan Berekspansi, Gojek Kantongi Izin dari Para Menteri Malaysia

Penulis: Michael Reily

Editor: Happy Fajrian

22/8/2019, 06.55 WIB

Aturan resminya kemungkinan akan terbit 1-2 bulan kedepan setelah dibahas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan Kementerian Transportasi Malaysia.

gojek, ekspansi ke malaysia, nadiem makarim
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Layanan Gojek akan segera hadir di negeri jiran, Malaysia. Para menteri kabinet negara tersebut telah memberikan "lampu hijau" kepada startup besutan Nadiem Makarim itu untuk segera jalan.

Kabinet menteri Malaysia telah mengizinkan Gojek untuk mengimplementasikan layanannya di Negeri Jiran. Gojek adalah perusahaan unicorn asal Indonesia yang bergerak dalam sektor transportasi online yang berencana untuk berekspansi ke Malaysia.

Menteri Pengembangan Kewirausahaan Malaysia Datuk Seri Mohd Redzuan Yusof menyatakan bahwa para menteri sudah mendiskusikan izin Gojek. Kabinet pun memberikan "lampu hijau" kepada startup besutan Nadiem Makarim itu untuk segera jalan.

"Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Transportasi telah diminta untuk bekerja bersama dan bahas hukum yang perlu untuk memungkinkan layanan terimplementasikan," kata Redzuan, dikutip dari The Star Malaysia, Kamis (22/8).

Dia mengatakan bahwa pembahasan kedua kementerian tersebut kemungkinan akan memakan waktu selama satu atau dua bulan. Nantinya, Kabinet Menteri Malaysia bakal memberikan keputusan untuk pengesahan aturan.

(Baca: Jajaki Ekspansi, Bos Gojek Bertemu PM Mahathir dan 2 Menteri Malaysia)

Dia juga menegaskan pentingnya layanan transportasi sepeda motor untuk segera hadir di Malaysia. "Kami ingin memastikan implementasi yang bisa mengembangkan ekonomi masyarakat muda, yang tidak bertentangan dengan hukum," ujar Redzuan.

Usulan Gojek untuk segera mengaspal di Malaysia adalah tindak lanjut lawatan Nadiem ke negara tetangga tersebut pada 19 Agustus 2019. Di sana, Nadiem bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Abdul Rahman, Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke, serta Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

Saddiq juga mengumumkan kabar lewat unggahan video di Twitter. Dia mencuitkan Kabinet mengizinkan Gojek dan juga Dego Ride untuk segera melakukan kegiatan operasional di Malaysia. Dego Ride adalah layanan ojek online milik Negeri Jiran yang sudah memiliki ratusan mitra pengemudi.

"Kami memastikan golongan puluhan ribu orang pemotor bisa mendapatkan bekerjaan, pada saat sama kami juga ingin membantu masyarakat yang ingin menjual makanan dan mengantar barang lewat Gojek dan Dego Ride," kata Saddiq dalam cuitan video Twitter yang diunggah Rabu (21/8).

Dia menjelaskan, ojek online mampu membantu masyarakat secara keseluruhan untuk penyelesaian masalah transportasi. Menurut dia, penduduk Malaysia bisa memanfaatkan Gojek atau Dego Ride untuk menuju Light Rail Transit (LRT) atau Mass Rapid Transit (MRT) dengan ongkos yang murah dan tidak kena macet.

(Baca: Nadiem Gojek Berbagi Tiga Kunci Sukses kepada 15 Startup Lokal)

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN