Nadiem Gojek Berbagi Tiga Kunci Sukses kepada 15 Startup Lokal

Desy Setyowati
19 Agustus 2019, 14:36
Gojek Nadiem Kunci Sukses
Gojek
Founders and Global CEO Gojek Nadiem Makarim dalam sesi mentorship dan pembekalan ilmu peserta Akselerator Startup UI Works, Jakarta (15/8).

Pendiri sekaligus CEO Gojek Global Nadiem Makarim memberikan bimbingan kepada 15 startup lokal yang telah dikurasi UI Works. Ia menyampaikan tiga filosofi yang menjadi tiga kunci pengembangan bisnis.

Ketiganya adalah motivasi, manajemen karyawan (managing people), dan momentum. “Motivasi pendiri yang berhasil menurut saya adalah yang selalu obsesif ingin memecahkan sebuah permasalahan nyata di masyarakat,” kata dia dalam siaran pers, Senin (19/8). Mereka harus memiliki kegigihan, keuletan, dan ketabahan.

Para pendiri startup, kata dia, harus selalu merekrut orang yang lebih hebat daripada mereka sendiri. Berdasarkan pengalamannya, hal ini masih sering diabaikan di Indonesia. Terakhir, pintar membaca momentum atau timing. Founders harus tahu kapan harus mendorong bisnisnya. “Jangan sia-siakan momentum,” katanya.

(Baca: Nadiem Makarim Ungkap Rahasia Sukses SuperApp Gojek)

Pada kesempatan itu, Nadiem mengaku kagum dengan berbagai ide bisnis yang dibawa oleh peserta UI Works. Program akselerasi startup ini merupakan kerja sama Gojek dengan Universitas Indonesia (UI). Partisipan dalam program ini berasal dari sivitas akademika UI dan umum.

Nadiem berharap, para pendiri startup lokal tersebut terus mengembangkan bisnisnya. Ia juga meminta agar mereka selalu berusaha menyelesaikan berbagai permasalahan di tengah masyarakat, supaya bisa sukses di negeri sendiri.

 “Saya selalu kagum dengan banyaknya ide yang lahir di Tanah Air dan potensi anak bangsa dalam mencapai banyak hal. Untuk dapat menggerakkan Indonesia, berevolusi menjadi negara digital super power, memecahkan permasalahan dunia nyata harus menjadi misi utama bagi industri teknologi, dibanding sekadar keuntungan bisnis,” katanya.

Tantangan Startup Lokal

Selain kunci sukses, Nadiem menjabarkan tantangan yang mungkin dihadapi startup di Tanah Air. Ia bercerita bahwa perusahaan rintisan melalui beberapa fase. Pada skala tertentu, menurutnya ada beberapa hal yang harus menjadi prioritas supaya bisa tumbuh hingga tiga tahun ke depan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...