Nadiem Makarim Ungkap Rahasia Sukses SuperApp Gojek

Cindy Mutia Annur
15 April 2019, 20:09
CEO Gojek Nadiem Makarim
Gojek
CEO Gojek Nadiem Makarim

Penyedia layanan on-demand  Gojek mencatat, total transaksi (Gross Transaction Value/GTV)di platformnya mencapai US$ 9 miliar atau sekitar Rp 126 triliun pada 2018. CEO Gojek Nadiem Makarim pun membagikan rahasia supaya aplikasi supernya (superApp) lebih sering digunakan.

Caranya, Gojek mengandalkan pemahaman mendalam terkait kebutuhan pasar dan karakter konsumen alias local insights. “Cara kami untuk terus menang di Indonesia adalah memahami apa yang pengguna kami perlukan dan mencarikan solusinya lewat teknologi,” ujar dia melalui siaran pers, Senin (15/4).

Advertisement

(Baca: Terbesar di Indonesia, Gojek Targetkan Pertumbuhan Dua Kali Lipat)

Saat ini, aplikasi Gojek sudah diunduh 142 juta kali di Indonesia. Berdasarkan laporan App Annie bertajuk ‘The State of Mobile 2019’, pengguna aktif bulanan (monthly active users) Gojek merupakan yang terbayak sepanjang 2018.

Riset lembaga independen gobal, YouGov juga menyebutkan bahwa Gojek menempati peringkat pertama atau top of mind konsumen di Indonesia, terkait aplikasi yang sering digunakan. “Menjadi yang paling besar itu penting, tapi bukan yang paling utama. Yang paling penting adalah dampak nyata Gojek,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement