CEO Tokopedia dan Traveloka Respons Raihan Dana Baru East Ventures

Penulis: Martha Ruth Thertina

22/8/2019, 12.11 WIB

East Ventures telah berinvestasi pada lebih dari 160 startup, dengan nominal menembus US$ 4 miliar atau Rp 57 triliun, di luar untuk Grab.

East Ventures, Traveloka, Tokopedia
East Ventures
(Kiri-kanan) Managing Partner East Ventures Willson Cuaca, CEO 7.5 Degree Li Yufu, Chief Editor 7.5 Degree Lin Xibang

Perusahaan modal ventura asal Indonesia East Ventures berhasil mengumpulkan dana investasi keenam sebesar US$ 75 juta atau sekitar Rp 1 triliun dari berbagai investor, termasuk pendiri Alibaba dan Facebook. Para bos startup dalam portofolio pendanaan East Ventures, menyambut positif pencapaian tersebut.

Co-Founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan East Ventures adalah salah satu dari investor pertama perusahaan e-commerce tersebut. Bagi dia, Managing Partner East Ventures Willson Cuaca, bukan hanya mitra bisnis tapi teman dekat yang mengerti perjuangan perusahaan sejak awal hingga menjadi startup unicorn.

“Kami berharap East Ventures bisa meraih kesuksesan besar dengan dana investasi terbaru mereka, dan Tokopedia selalu menjadi bagian dari keluarga besar East Ventures,” kata dia, seperti dikutip dari siaran pers tertulis East Ventures, Kamis (22/8).

(Baca: Pendiri Facebook dan Alibaba Ikut Suntik Investasi East Venture Rp 1 T)

Co-Founder dan CEO Traveloka Ferry Unardi menyampaikan pernyataan senada. Ia pun memberikan penghargaan kepada East Ventures atas kemitraan yang terjalin selama ini. Bagi dia, Willson dan East Ventures merupakan mitra yang bisa diandalkan dalam susah dan senang.

“Dukungan yang kami terima dari East Ventures pada masa-masa awal Traveloka terbukti sangat berharga bagi kesuksesan perusahaan kami,” kata dia.  

Hingga saat ini, East Ventures telah berinvestasi pada lebih dari 160 startup, dengan nominal US$ 4 miliar atau sekitar Rp 57 triliun (di luar investasi yang diterima Grab). Tahun lalu, East Ventures juga meluncurkan perusahaan modal ventura patungan bernama EV Growth untuk pendanaan startup tahap lanjut senilai US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,8 triliun.

(Baca: Softbank Gencar Kucurkan Dana ke Startup Indonesia, Siapa Selanjutnya?)

Selain Tokopedia dan Traveloka, startup dengan pertumbuhan cepat yang masuk dalam portofolio East Ventures seperti Gojek (dulunya Loket) Grab (dulunya Kudo), Shopback, Ruangguru, Sociolla, IDN Media, Waresix, dan MokaPOS. Selama tiga tahun terakhir, East Ventures juga memperkenalkan beberapa proyek internal seperti CoHive, Warung Pintar, dan yang terbaru, Fore Coffee.

Dengan dana investasi keenamnya, East Ventures telah menambah portofolio startup di berbagai bidang seperti inklusi UKM, new retail, fintech, berita dan media, layanan kesehatan, rantai pasokan, dan transformasi digital. Ini mencakup investasi untuk Wahyoo, Stockbit, Allsome Fulfillment, Katadata, Cicil, Mekari, Kedai Sayur, Advotics, The FIT Company, dan Nalagenetics.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN