Pendiri Facebook dan Alibaba Ikut Suntik Investasi East Venture Rp 1 T

Happy Fajrian
22 Agustus 2019, 11:20
east ventures, dana investasi, investasi startup
east ventures
Para pendiri East Ventures dan Managing Partner (dari kiri ke kanan): Willson Cuaca, Batara Eto, dan Taiga Matsuyama. East Ventures berhasil mengumpulkan dana investasi keenam sebesar US$ 75 juta atau sekitar Rp 1 triliun. Beberapa investornya antara lain pendiri Facebook pendiri Alibaba, Sinarmas Group, Triputra Group, dan Emtek Group.

 

 

Perusahaan modal ventura asal Indonesia, East Ventures, berhasil mengumpulkan dana investasi keenam sebesar US$ 75 juta atau sekitar Rp 1 triliun. Jumlah tersebut 2,5 kali lipat lebih besar dari target awal sebesar US$ 30 juta (Rp 427 miliar).

Sederet investor individu dari kalangan high net individuals (HNWI) seperti co-founder Facebook Eduardo Saverin dan co-founder Alibaba Eddy Wu ikut berinvestasi. Selain itu HNWI lainnya yang ikut berinvestasi di antaranya CEO Meituan-Dianping, Wang Xing, dan founder Dianping, Zhang Tao.

Tidak hanya investor individu yang berpartisipasi, tetapi juga investor institusi, yakni Pavilion Capital, Adams Capital, serta Temasek; juga beberapa konglomerasi bisnis di Indonesia seperti Sinarmas Group, Triputra Group, dan Emtek Group.

“Kami menerima banyak sekali dukungan dari para investor dan memutuskan untuk menambah (investasi). Namun kami tetap membatasi dana investasi keenam kami menjadi US$ 75 juta,” kata Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca dalam rilis yang didapatkan Katadata.co.id, Kamis (22/8).

(Baca: Hasil Investasi Tinggi, East Ventures Jadi Pemodal Ventura Terbaik)

Wilson menambahkan bahwa East Ventures bisa saja menambah lebih banyak lagi investasi. Namun dia mengatakan bahwa mereka ingin mempertahankan disiplin di tengah era euforia ini, demi mempertahankan kecepatan value creation agar sesuai dengan value expectatiton.

“Hal ini akan berdampak pada performa dana investasi kami bagi para pemangku kepentingan, yaitu para pendiri startup, mitra bisnis, dan para investor. Yang terpenting kami bisa dikenal sebagai dana investasi dengan performa terbaik di Asia Tenggara dibanding sebagai yang terbesar,” tegas Wilson.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...