Ekspansi ke Malaysia, Gojek Bersaing Dengan Tiga Perusahaan Ini

Michael Reily
22 Agustus 2019, 13:54
Gojek
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, seorang mitra pengemudi menggunakan atribut Gojek. Gojek berekspansi ke Malaysia dan akan bersaing dengan tiga perusahaan dengan layanan yang sama.

Gojek siap ekspansi ke Malaysia setelah mendapat lampu hijau dari pemerintah Negeri Jiran. Gojek pun akan bersaing dengan tiga perusahaan aplikasi asli Malaysia. 

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman menyatakan, Gojek tak akan memonopoli industri ojek online karena sudah ada Dego Ride yang memberikan layanan yang sama. Untuk taksi online, Gojek akan bersaing dengan Grab dan Bitcar.

Advertisement

"Ini bukan hanya untuk Gojek. Kami lupa bahwa kami juga punya talenta asli Malaysia yang menjalankan Dego Ride, yang juga telah mempekerjakan ribuan orang pemotor," kata Saddiq dalam The Star Malaysia, dikutip Kamis (22/8).

(Baca: Lampu Hijau Ekspansi, Gojek Tawarkan Kesempatan Kerja Baru di Malaysia)

Pencetus Dego Ride Nabil Faisal Bamadhaj memulai operasi di Malaysia sejak 2016. Meski animo masyarakat tinggi, Dego Ride mendapatkan cap ilegal dari pemerintah Malaysia. Bahkan, Kementerian Transportasi Malaysia melarang ojek online pada September 2018 karena isu keselamatan.

Makanya Dego Ride berharap bisa mendapatkan izin dari pemerintah Malaysia untuk bersaing dengan Gojek. "Dego Ride berharap diberikan peluang dan mendapat keutamaan dalam pasaran khusus (niche market)," ujar Nabil kepada mStar.

Hingga saat ini, Dego Ride baru beroperasi di semua willayah yang ada di Selangor dan Kuala Lumpur. Berdasarkan laman resmi, ongkos Dego Ride sebesar RM 3 atau sekitar Rp 10.500 untuk jarak 3 kilometer. Namun, Dego Ride tidak menjelaskan tambahan biaya jika jaraknya lebih dari itu.

Bedanya dengan Gojek, Dego Ride hanya menerima pembayaran secara tunai. Selain itu, pengguna bisa memesan ojek online lewat laman resmi Dego Ride, sehingga tak harus melakukan pemesanan lewat aplikasi. 

(Baca: Jajaki Ekspansi, Bos Gojek Bertemu PM Mahathir dan 2 Menteri Malaysia)

Pesaing Gojek lainnya adalah Grab. Pesaingan dengan Grab akan semakin sengit dengan masuknya Gojek ke Malaysia.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement