Kabar Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Bappenas: Tunggu Pengumuman Presiden

Michael Reily
22 Agustus 2019, 18:15
Bappenas, Jokowi, pindah ibu kota
Bappenas
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menegaskan lokasi ibu kota baru akan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan keputusan pemindahan ibu kota ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, dia tidak menampik adanya kemungkinan ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Hanya saja lokasi ibu kota baru bukan di Samarinda atau Balikpapan. "Tunggu pengumuman dari presiden," katanya di Hotel Aryaduta Jakarta, Kamis (22/8).

Lebih lanjut Bambang mengatakan ibu kota baru tidak masuk ke dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2020 karena belum ada aktivitas yang signifikan. Selain itu, pembiayaan tidak akan bergantung kepada APBN karena investasi paling besar dari swasta dan BUMN.

Menurut Bambang, persiapan pemindahan ibu kota akan dimulai pada 2020 dan kegiatan pemindahan mulai berjalan pada 2021. Pembangunan pemerintahan pusat diproyeksi membutuhkan lahan sekitar 3 ribu hektare. "Groundbreaking tahun 2021," ujarnya.

(Baca: Di Hadapan DPR, Jokowi Minta Izin Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan)

Saat ini kajian ibu kota baru sudah selesai dan tinggal menunggu pengumuman lokasi. Nantinya, desain ibu kota baru bakal fokus pada pembangunan transportasi dan infrastruktur.  

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...