East Ventures Pimpin Investasi Rp 18,7 Miliar di Startup Kedai Sayur

Desy Setyowati
27 Mei 2019, 12:00
Mitra Kedai Sayur berkeliling menggunakan Si Komo untuk menjajakan produknya.
East Ventures
Mitra Kedai Sayur berkeliling menggunakan Si Komo untuk menjajakan produknya.

Startup di bidang digitalisasi tukang sayur keliling, Kedai Sayur mengumumkan pendanaan tahap awal US$ 1,3 juta atau sekitar Rp 18,7 miliar. Pendanaan itu dipimpin oleh modal ventura East Ventures.

Managing Partner East Ventures Willson Cuaca menyampaikan, pekerjaan sebagai pedagang sayur keliling sudah lama ada dan berkembang di Indonesia. Bahkan, pedagang sayur keliling tetap eksis  kendati supermarket dan toko kelontong kian menjamur. Hal itu menunjukkan, bahwa pedagang sayur keliling masih menjadi pilihan konsumen.

Karena itu, ia mendukung Kedai Sayur yang memberikan akses teknologi kepada tukang sayur. “Juga meningkatkan rantai pasokan di Indonesia. Pedagang sayur keliling tradisional merupakan kearifan lokal yang sudah ada sejak lama dan kami mau mempertahankan budaya tersebut dengan sentuhan teknologi,” ujar dia dalam siaran pers, Senin (27/5).

(Baca: East Ventures Danai Startup Besutan Andien dan Bams, The Fit Company)

Kedai Sayur didirikan pada Oktober 2018 oleh Adrian Hernanto, Ahmad Supriyadi dan Rizki Novian. Adrian menjabat sebagai CEO Kedai Sayur. Sebelumnya, ia bekerja sebagai Deputy Director of Business Process dan IT Triputra Group.

Adrian mengatakan, dana segar ini rencananya digunakan untuk merekrut lebih banyak pedagang sayur.  “Kami percaya bahwa misi kami mampu meningkatkan kehidupan para tukang sayur dengan membebaskan mereka dari jam kerja yang tidak teratur dan berbagai kesempatan untuk mendapat penghasilan tambahan,” ujar dia.

Saat ini, Kedai Sayur memiliki 2 ribu mitra di Jakarta. Ia mencatat, jumlah mitra meningkat hingga 60% setiap bulannya. Sebanyak 80% mitra tercatat aktif menjual produk. Total nilai penjualan barang (gross merchandise value/GMV) Kedai Sayur pun tumbuh lima kali lipat dalam empat bulan terakhir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...