Trump: Saya yang Terpilih Hadapi Tiongkok

Agustiyanti
22 Agustus 2019, 13:03
donald trump, presiden as, perang dagang
REUTERS/Kevin Lamarque/ANTARA FOTO
Presiden AS Donald Trump mengaku sebagai orang yang terpilih menghadapi Tiongkok untuk mencapai keseimbangan perdagangan.

Presiden Amerika Serikat (AS) menyebut, dirinya orang yang terpilih untuk mengatasi ketidakseimbangan dagang dengan Tiongkok, meski peneliti kongres memperingatkan perang dagang akan memangkas perekonomian AS sebesar 0,03% pada 2020.

Trump mengatakan kepada reporter bahwa hidupnya sebenarnya akan lebih mudah jika tidak melakukan perang dagang dengan Tiongkok. Namun, dia membela tindakannya dan mengatakan kesepakatan perdagangan antara dua negara ekonomi terbesar dunia ini masih mungkin.

Advertisement

"Saya yang terpilih, jadi saya akan menghadapi Tiongkok. Saya akan membuat Tiongkok berdagang (dengan adil). Dan tahukah Anda? Kami menang," ujar Trump, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (22/8).

 (Baca: BI Diramal Tahan Bunga Acuan Demi Jaga Rupiah)

Trump dalam dua hari berturut-turut mengaku perang dagang dengan Tiongkok dapat membahayakan ekonomi AS. Namun, ia menegaskan resesi tak akan terjadi.

Kantor Anggaran Kongres (Congressional Budget Office/CBO) Nonpartisan menjadi lembaga independen terbaru yang memperingatkan dampak perang dagang pada Presiden Donald Trump. CBO mengatakan, perubahan kebijakan AS dan perdagangan luar negeri sejak Januari 2018 akan memangkas produk domestik bruto AS yang disesuaikan dengan inflasi sebesar 0,3% pada 2020.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement