Cetak Penjualan Rp 54 T, Shopee E-Commerce Terpopuler di Asia Tenggara

Penulis: Michael Reily

Editor: Happy Fajrian

23/8/2019, 13.39 WIB

Keunggulan Shopee mengalahkan Lazada yang merupakan e-commerce dengan pengguna aktif tertinggi di empat negara di Asia Tenggara yang diukur.

Shopee, e-commerce, lazada
Shopee
Cristiano Ronaldo (kiri) jadi Brand Ambassador Shopee, Rabu (14/8). Dengan total transaksi mencapai US$ 3,8 miliar atau Rp 54 triliun, Shopee menjadi e-commerce paling populer di Asia Tenggara berdasarkan laporan iPrice.

Menurut laporan iPrice terbaru, Shopee mencatatkan diri sebagai e-commerce paling populer di kawasan Asia Tenggara untuk periode kuartal II tahun ini baik dari segi aktivitas dalam aplikasi, jumlah unduhan, serta total transaksi di pasar regional.

Total transaksi Shopee tercatat sebesar US$ 3,8 miliar atau sekitar Rp 54 triliun pada kuartal II 2019. Nilai transaksi perusahaan e-commerce asal Singapura itu meningkat 72,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 2,2 miliar atau sekitar Rp 41 triliun.

Keunggulan Shopee di Asia Tenggara mengalahkan Lazada yang merupakan aplikasi e-commerce dengan pengguna aktif tertinggi di empat dari enam negara yang diukur oleh iPrice. Namun, pengguna aktif Shopee lebih tinggi daripada Lazada di Indonesia.

"Indonesia adalah pasar terbesar di Asia Tenggara, yang bisa menjelaskan mengapa Shopee menjadi pemimpin," tulis Zhixin Tan dalam laporan iPrice, dikutip Jumat (23/8).

(Baca: Shopee Bakal Rilis Fitur Rekomendasi Produk, Mirip Media Sosial)

Sementara itu, Tokopedia menempati peringkat ketiga di Asia Tenggara meski tak masuk 10 besar di lima negara. Capaian Tokopedia di Asia Tenggara terdorong oleh pengguna Indonesia yang membuat startup nasional itu menjadi jawara di negeri sendiri.

iPrice menjelaskan alasan Shopee menjadi pemimpin pasar e-commerce Asia Tenggara karena strateginya yang meningkatkan interaksi pengguna di aplikasi. Contohnya, hiburan serta program yang mengedepankan tokoh budaya populer.

Laporan keuangan Shopee mengungkapkan pertumbuhan pesanan di Indonesia pada kuartal kedua 2019 mencapai 110 juta pesanan dengan rata-rata harian 1,2 juta pesanan. Pada Agusuts, Shopee mengumumkan ikon sepakbola dunia Cristiano Ronaldo sebagai duta besar Shopee.

Secara konsolidasi, induk usaha Shopee - Sea Ltd. - mencatatkan pendapatan senilai US$ 665,5 juta pada kuartal kedua 2019, tumbuh 203,1% daripada kuartal kedua 2018. EBITDA penyesuaian pada periode tersebut sebesar US$ 11 juta, turun daripada periode yang sama tahun lalu yang mencapai US$ 161,9 juta.

(Baca: Transaksi Shopee Melonjak 300% Selama Ramadan)

Shopee menjadi platform marketplace paling populer Asia Tenggara pada kuartal pertama 2019 juga didorong oleh jumlah kunjungan pada kuartal II 2019 yang meningkat rata-rata 8% per bulan.

iPrice bekerja sama dengan App Annie Intelligence dalam mengukur perkembangan e-commerce di Asia Tenggara. Enam negara yang ikut dalam pengukuran adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN