Pedagang Mengeluh Uangnya Tak Cair, Ini Penjelasan Shopee

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Desy Setyowati

14/8/2019, 13.01 WIB

Selain pedagang, pembeli tidak bisa melakukan isi ulang ShopeePay.

Gangguan ShopeePay Shopee
Shopee
Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar (kanan) menanggapi keluhan para pedagang terkait dana yang tertahan di ShopeePay.

Beberapa pedagang di platform Shopee sempat mengeluh karena uang hasil berjualan tertahan. Menanggapi hal itu, Country Brand Manager Shopee Rezky Yanuar menjelaskan bahwa terjadi gangguan pada sistem.

Hal itu terjadi karena ada pemeliharaan sistem di layanan dompet dan uang elektronik milik Shopee, ShopeePay. “Sudah kami selesaikan sejak kemarin siang. Di Instagram kami juga sudah tulis bahwa apabila masih ada hambatan, bisa melapor ke kami," kata dia di Jakarta, Rabu (14/8).

Ia menjelaskan, pemeliharaan dilakukan karena ada perubahan sistem pembayaran untuk bank perantara di ShopeePay. Saat itu, muncul kekutu (bug) sehingga mengakibatkan pengguna sulit menarik dananya dari dompet digital itu. “Hal ini tengah kami perbaiki,” katanya.

Sepengetahuannya, sistem digital pada umumnya bisa mengalami gangguan akibat bug secara tiba-tiba. Karenanya, ia belum berani untuk berjanji bahwa kejadian serupa tidak akan terulang. Namun, ia memastikan bahwa perusahaannya berkomitmen untuk mengatasi persoalan seperti ini secepat mungkin.

(Baca: Kantongi Izin BI, ShopeePay Bisa Jadi Multipayment Seperti Go-Pay)

Gangguan di layanan ShopeePay sempat terjadi beberapa kali. "Saya belum tahu apakah seluruh Indonesia (terdampak atau tidak), tapi ini basisnya (dampaknya) cukup besar sehingga menjadi viral," kata Ridzki.

Adapun pedagang yang uangnya tertahan mengeluh melalui kolom komentar di Instagram resmi Shopee, @shopee_id. “Penarikan dana dari saldo penjual 48 jam kok belum ditransfer?” kata salah satu pengguna Instagram bisnis, @kaosku.oke, Rabu (14/8).

Pengguna Instagram lainnya dengan nama akun @ jastip_ish_fixpose mengeluhkan hal serupa. “Shopee, ke mana kah uang (mitra) penjual? Dari kemarin belum masuk ke rekening,” kata dia.

Begitu pun dengan Ratna, yang mengeluh melalui akun Instagram-nya @ratnaadree. "Mohon segera dikembalikan dana saya yang sudah masuk. Saya sudah ke pusat bantuan dan tidak dapat jawaban memuaskan. Jangan buat orang kapok belanja di Shopee," katanya.

Namun, belum dapat dikonfirmasi apakah warganet yang menyampaikan keluhan tersebut adalah penjual di Shopee. Meski begitu, konsumen juga mengeluh layanan ShopeePay yang bermasalah.

“Jaringanku bagus, aplikasi ku yang lain juga tidak bermasalah. Tapi, mau isi ulang ShopeePay kok gagal terus?” kata warganet, @Surotul_hasanah.

(Baca: Ekspor Produk Indonesia, Shopee Maksimalkan Gudang di Luar Negeri)

 

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan