Dirut Astra Prediksi Penjualan Mobil Tahun ini Turun 10%

Image title
26 Agustus 2019, 17:30
astra international, penjualan mobil, grup astra
Arief Kamaludin|KATADATA
Suasana aktivitas pabrik perakitan kendaraan milik PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat. Astra optimistis penjualan mobil tahun ini masih dapat tumbuh positif walau penjualan pada semester I turun 10%.

PT Astra International Tbk (ASII) memperkirakan penjualan mobil secara nasional tahun ini tidak akan lebih banyak dari total penjualan tahun lalu. Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Direktur Astra International, Prijono Sugiarto yang memprediksi penjualan mobil tahun ini hanya akan mencapai 1,05 juta unit.

"Setengah tahun pertama 2019, roda empat mengalami kesulitan. Dari penjualan mobil (secara nasional) hingga tahun ini, kira-kira drop 9%-10% dibanding tahun lalu," kata Prijono ketika ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (26/8).

Meski begitu, Astra masih melihat adanya peluang pertumbuhan penjualan kendaraan roda empat di dalam negeri untuk jangka panjang, meski penjualan mobil di grup Astra dalam beberapa bulan terakhir ini mengalami penurunan.

Pada Juli 2019, Astra mencatat penjualan sebanyak 44.357 unit atau turun 19,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau year on year (yoy). Penurunan penjualan di Juli, tercatat lebih dalam dari penjualan di Juni yang turun 5,5% yoy. "Kami masih melihat potensi yang begitu besar di Indonesia di bidang permobilan," tegas Prijono.

(Baca: Toyota Astra Prediksi Target Penjualan 1,1 Juta Mobil Tak Tercapai)

Dia menambahkan, potensi pasar mobil di dalam negeri masih menarik karena berkaca dari keberanian Tiongkok yang masuk ke pasar dalam negeri dengan kapasitas produksinya sebesar 120 ribu. Padahal, penjualannya masih sebanyak 20 ribu.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...