Siang ini, Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru Lewat Siaran YouTube

Michael Reily
26 Agustus 2019, 09:29
jokowi umumkan ibu kota baru siang ini.
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Ilustrasi, Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menghadiri Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Jokowi umumkan lokasi ibu kota baru melalui YouTube siang ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengumumkan lokasi ibu kota negara yang baru lewat siaran YouTube langsung dari Istana Negara, Jakarta, pukul 13.00 WIB hari ini (26/8). Warganet bisa menyaksikan konferensi pers melalui akun YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Hal itu disampaikan Jokowi melalui video berjudul ‘Upcoming LIVE | Presiden Jokowi Mengumumkan Ibu Kota Baru’ di laman YouTube Sekretariat Presiden. Sebagian besar warganet pun merespons positif unggahan tersebut.

Salah seorang pengguna YouTube, Diono Sapae menyatakan Jawa sentris diganti Indonesia sentris. "Semoga semua wilayah Indonesia semakin maju dan semakin jaya," katanya saat mengomentari unggahan Sekretariat Presiden, Senin (26/8).

Hal senada disampaikan oleh pengguna lainnya, Radear Purba. Dia berharap  pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia membaik seiring dengan adanya perpindahan ibu kota negara.

(Baca: Menteri Sofyan Koreksi soal Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur)

Kemudian, Bernadus Marcia mendoakan agar rencana pemindahan ibu kota segera terlaksana. Dia berpendapat mendesain ibu kota baru di lahan kosong akan lebih mudah. Karena itu, ia yakin pemerintah akan membangun kota yang lebih modern dan canggih, sehingga dapat dengan cepat mengatasi beragam masalah klasik seperti kemacetan dan lainnya.

Beberapa warganet juga memprediksi ibu kota baru ada di Kalimantan Tengah. Bukannya tanpa sebab, cuplikan dalam video YouTube menunjukkan banyak wilayah yang ada di Kalimantan Tengah. "Sepertinya Kalimantan Tengah nih. Itu cuplikan video mayoritas di sana," kata Billy Basel.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...